Home / iniFLASH / 2020 Seluruh Kelurahan Balikpapan Wajib Miliki Loket Pelayan untuk Gakin
Peluncuran sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT), Selasa (10/09) kemarin

2020 Seluruh Kelurahan Balikpapan Wajib Miliki Loket Pelayan untuk Gakin

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan tahun depan seluruh kelurahan sudah terbentuk Pusat Kesehatan Sosial (Puskesos) dimasing-masing kelurahan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan Purnomo

Saat ini baru ada 12 Pukesos di 12 kelurahan yang sudah terbentuk Puskesos  dan baru diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan bimbingan teknis terkait pembuatan terkait sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT), Selasa (10/09) kemarin.

“Kita berharap tahun depan di semua kelurahan sudah terbentuk Puskesos. Karena kita baru ada 12 Puskesos,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan Purnomo.

“Jadi tahun depan 34 kelurahan sudah terbangun Puskesos, kelurahan wajib menyediakan space untuk pembuatan loket pelayanan untuk kelurag miskin (gakin),”

Puskesos bertujuan untuk mempercepat akses pelayanan khususnya bagi  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan terintegrasi dengan SLRT yang pemanfaatannya untuk pelayanan pendidikan, kesehatan, kependudukan dan pelayanan dasar lainnya yang dibutuhkan gakin.

“Jadi dengan Puskesos gakin bisa dengan mudah mendapatkan atau mengakses dengan mudah informasi layanan kesehatan maupun pendidikkan dan lainnya. Jadi kita siapkan tim yang akan melaksanakan tugas di Puskesos yang kita bentuk di kelurahan,” ujarnya.

Pyrnomo mengklaim, jumlah gakin di Kota Balikpapan tidak mencapai 3 persen atau hanya sekitar 2,6 persen dari total warga Balikpapan. Artinya tidak sdampai 20 ribu jiwa jumlahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.