Home / iniFLASH / 20 Perserta Ambil Bagian BFRC 2019, Pertamina RU V Jadi Tuan Rumah

20 Perserta Ambil Bagian BFRC 2019, Pertamina RU V Jadi Tuan Rumah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Sebanyak 20 perserta dari lembaga ikut serta dalam lomba Balikpapan Fire and Rescue Challenge 2019 digelar di lapangan Merdeka pada Rabu pagi (6/3/2019). Bahkan peserta ada yang berasal dari Maluku.

Pertamina Refinery Unit (RU) V ditunjuk wali kota sebagai tuan rumah penyelenggaraan 7th Balikpapan Fire & Rescue Challenge 2019 (7th BFRC 2019) yang akan dilaksanakan pada 6 dan 8 Maret 2019 di lapangan Merdeka Kota Balikpapan. Tahun ini merupakan tahun ketujuh penyelenggaran lomba ketangkasan K3 ini.

“Sebanyak 20 peserta akan berlaga untuk menjadi yang terbaik di kegiatan ini. Ke-20 peserta tersebut terdiri 16 peserta dari perwakilan perusahaan, 4 organisasi kedaruratan di Balikpapan dan ada satu peserta dari Maluku,” jelas Manager HSSE RU V Balikpapan Oky Wibisono dalam penjelasan kepada media, Selasa malam (5/3/2019).

Lomba tersebut merupakan inisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dan instansi yang ada di Balikpapan dalam rangkaian bulan K3 sekaligus ikut merayakan dan menyemarakan HUT Kota Balikpapan ke 122 tahun.

Peserta telah mengikuti rapat teknis dan workshop terkait kegiatan BFRC 2019 pada Februari 2019 lalu. Kegiatan ini menurut Oky Wibisono sebagai ajang menguji kemampuan K3 bagi perusahaan, organisasi, lembaga sekaligus kampanye dalam rangka bulan K3 nasional dan budaya K3 di kota Balikpapan.

“Balikpapan Fire & Rescue Challenge adalah salah satu lomba keterampilan dari rangkaian kegiatan bulan K3 Kota Balikpapan yang bertujuan menguji keterampilan dan pengetahuan para Emergency Response Team/Team Kedaruratan/Rescuer dari instansi atau perusahaan dan lembaga kedaruratan yang ada di Balikpapan dan sekitarnya,” jelas Oky yang yang didampingi Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha dan Humas Pertamina Aries Buana,.

Tema Bulan K3 Nasional 2019 tahun ini “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skill dan knowledge masing-masing rescue tim sehingga dapat berkontribusi ketika terjadi kedaruratan di Balikpapan,” harapnya.

Sebelumnya panitia juga sudah melakukan rangkaian kegiatan memperingati Bulan K3 Nasional 2019, diantaranya sosialisasi dan pemilihan Duta K3 Nasional 2019, Safety Champaign, sosialisasi K3 dan Safety Briefing khusus Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan.
Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 10 Maret mendatang di Pantai Le Batakan.

“Closing Ceremony, pengumuman pemenang lomba BFRC, finalisasi Duta K3 dan penyerahan estafet kepanitiaan Bulan K3 tahun 2020 akan dilaksanakan pada 10 Maret 2019 di Pantai Le Batakan. Juga digelar pameran K3 dan workshop kesiapsiagaan, seminar internasional pada 13-14 Maret mendatang,” tukas Oky.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.