Home / iniFLASH / Calon Jemaah Haji Balikpapan Jalani Tes Kebugaran

Calon Jemaah Haji Balikpapan Jalani Tes Kebugaran

BALIKPAPAN, Inibalikpapa.com– Calon Jemaah Haji 2019 Kota Balikpapan mulai menjalankan tes kebugaran tahap kedua.

Ratusan calon jemaah tersebut terlihat antusias mengikuti rangakaian tes yang dipusatkan di Balikpapan Islami Center, Balikpapan Selatan.

Tes kebugaran tahap dua tersebut berlangsung selama lima hari dan wajib diikuti seluruh calon jemaah yang berjumlah 530 orang. Seluruh rangkaian tes dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kota.

“Tesnya mulai Senin ini sampai Jumat. Hari ini yang tes calon jemaah warga Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. Selasa untuk jemaah Balikpapan Utara, Rabu untuk Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota. Kamis, jemaah Balikpapan Selatan dan terakhir Jemaah Balikpapan Tengah,” ujar Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, H. M. Sholeh, pada Senin (11/03/2019).

Dalam pemeriksaan kebugaran, kata Sholeh, rangkaian tes meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT), pemeriksaan lemak tubuh, lari atau jalan cepat dan sebagainya.

Bagi calon jemaah yang perlu tes lebih lanjut, akan diberikan surat rekomendasi agar memperoleh pengobatan lanjutan.

“Tujuan pemeriksan kebugaran ini untuk memastikan para calon jamah haji ini agar pada saat pelaksanaan maupun sampai kembali nanti mereka masih dalam kondisi sehat dan bugar,” ujar Sholeh.

Sholeh juga mengimbau agar seluruh calon jemaah haji Balikpapan untuk menjaga pola hidup sehat, menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Ia juga ingatkan untuk calon jemaah lanjut usia agar tidak berlebihan dalam berolahraga seperti berlari cepat dan bersepeda dengan mendaki jalan.

“Lansia sesuaikan saja, misalnya jalan dijalanan yang datar. Kalau terlalu semangat malah bisa nyeri lutut,” kata Sholeh.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.