Home / iniFLASH / Dinas Pangan Selama Pemotongan Hewan Kurban Menemukan Satu Kasus Nodul

Dinas Pangan Selama Pemotongan Hewan Kurban Menemukan Satu Kasus Nodul

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk memastikan kondisi hewan kurban yang disembelih dalam kondisi aman dan laik konsumsi, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Balikpapan telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan daging hewan kurban di beberapa titik di Kota Balikpapan.

Dari hasil pantauan dan pemeriksaan Tim dari DPPP Kota Balikpapan hasilnya hanya menemukan satu ekor sapi yang mengalami Nodul.

“Kita sudah keliling dibeberapa titik lokasi penyembelihan, hingga saat ini belum ada menemukan kejanggalan atau abnormal. Hanya saja tadi ada Nodul,” ujar drh.Bisri, DPPP Kota Balikpapan, Senin (12/8/2019).

Saat disinggung apakah Nodul berbahaya, Bisri menjelaskan jika Nodul adalah bekas luka atau sakit di hati sapi. Dan tidak berpengaruh kepada kualitas daging hewan kurban.

“Ada satu ekor sapi yang kita temukan di hatinya ada Nodul. Tapi sudah kita singkirkan dan itu tidak berbahaya serta tidak berpengaruh pada daging hewan kurban,” jelasnya lagi.

Lanjut drh.Bisri, ada sekitar 50 titik lokasi penyembelihan hewan yang di pantau dan diperiksa Tim Pemantau dengan jumlah hewan sapi sebanyak 1.800 ekor dan kambing 800 ekor memastikan seluruh hewan kurban dalam kondisi baik dan sehat serta laik dikonsumsi.

“Ada sekitar 50an titik semua aman dan laik sembelih. Cacing hati dan lain-lain tidak kita temukan,” tandasnya.

Seperti diketahui, DPPP Kota Balikpapan akan terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap lokasi penyembelihan hingga Selasa (13/8/2019) besok.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Ciptakan Murid Kritis, Analitis dan Kreatif Guru Harus Mengajar dengan Metode Pembelajaran Aktif

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan harus menggunakan metode …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.