Home / iniHL / 196 Atlet Tarung Derajat se Kaltim Prakualifikasi di Balikpapan

196 Atlet Tarung Derajat se Kaltim Prakualifikasi di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 196 atlet dari 10 Pengurus Cabang Tarung Derajat di Kalimantan Timur beradu ‘gebuk’ dalam Pra Kualifikasi Porprov Kaltim VI dan Kejurprov Junior V di Graha KNPI Balikpapan. Pembukaan dilakukan Ketua Pengda Tarung Derajat Kaltim, Muhammad Adam (16/11) dan turnamen dilaksanakan selama 4 hari hingga 19 November 2017.

Dalam pembukaan turnamen yang juga dihadiri Sang Guru Tarung Derajat, Aa Boxer serta Sekretaris KONI Balikpapan Rahendra Rahman ini diungkapkan bahwa Mahakam Ulu menjadi Pengcab Tarung Derajat paling baru di Kaltim.

“Turnamen ini menjadi indikator untuk menyaring keterwakilan atlet di setiap Pengcab untuk berlaga dalam Porprov 2018 di Kutai Timur dan PON XX di Papua pada 2020 mendatang,” kata Muhammad Adam.

Turnamen ini juga tolok ukur keberhasilan dalam pelatihan Tarung Derajat bersama seluruh atlet dan pengurus untuk ke jenjang kejuaraan yang lebih tinggi. “Sekarang ini jadi ajang seleksi masing-masing daerah untuk kelas dan nomor yang akan mewakili dalam pertandingan,” ucapnya.

Sang Guru, Aa Boxer mengingatkan bahwa menjadi atlet Tarung Derajat tidak dilalui dengan cara instan. Harus melalui pembinaan mulai dari Kurata 1 hingga 5 agar bisa ikut berlaga di turnamen nasional.

“Semuanya harus melalui proses perjuangan, berlatih, berlatih dan berlatih harus ditanamkan ke para atlet lokal. Kaltim pada PON kemarin terpuruk, hanya mendapatkan medali perunggu karena tidak ada kebersamaan di antara pelatih. Ini harus diperbaiki agar para atlet kembali berprestasi,” tegasnya.

Sehingga dirinya menginginkan siapa pun yang mewakili provinsi Kaltim dalam PON harus sudah dalam keanggotaan pelatih. “Saling memberi dan bertukar teknik jurus untuk diajarkan ke atlet ahar berprestasi,” ujarnya yang kemudian mencontohkan teknik yang dilakoni oleh pelatih dan disaksikan atlet-atlet tarung derajat.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Pesta Hadiah SMS Banking Telkomsel Digelar

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Dalam upaya menggencarkan penggunaan layanan mobile banking khususnya berbasis layanan SMS, Telkomsel menggelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *