Home / iniHL / Bangun Kreativitas Pelajar, Telkomsel Gelar Digital Academy

Bangun Kreativitas Pelajar, Telkomsel Gelar Digital Academy

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Telkomsel berkerjasama dengan Dinas Pendidikan kota Balikpapan, media Tribun dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), menggelar yang diperuntukkan untuk anak sekolah tingkat atas dengan event “Telkomsel Digital Academy”, di rumah Jabatan Balikpapan, pada Sabtu pagi (22/10).

Telkomsel Digital Academy adalah event yang mengedukasi pelajar agar bisa lebih berktreatif di bidang digital dan untuk menggali potensi anak muda Indonesia khususnya di Balikpapan agar mampu memberikan dampak sosial yang positif, menjadikan generasi muda Balikpapan menjadi smart student.

Sebelum mengkuti berbagai kelas edukasi, mengawali program Telkomsel Digital Academy di Kota Balikpapan pada hari ini digelar kegiatan seminar yang diikuti oleh sekitar 100 pelajar dari berbagai sekolah tingkat atas yang ada di Balikpapan.

Acara seminar di buka oleh Walikota Balikpapan – Bapak H. M Rizal Effendi SE dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

Dalam kegiatan seminar ini , seluruh pelajar yang ikut dalam kegiatan ini akan mendapatkan informasi secara lengkap tentang program Telkomsel Digital Academy yang akan disampaikan oleh Viktor Wijayanto – Youth and Community Telkomsel Balikpapan. Selain tentang program Telkomsel Digital Academy, para pelajar juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Pelaku Industri Kreatif Teknologi Informasi yang akan disampaikan oleh team dari MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia) dan Analisa perkembangan Media Online yang akan disampaikan oleh Pimpinan Redaksi Tribun Kaltim.

Manager Youth and Community Telkomsel Regional Kalimantan Wildan Syukri mengatakan event ini bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia khususnya yang ada di kota Balikpapan dan menjadikan generasi muda kota Balikpapan menjadi smart student. “Sehingga mampu mencetak generasi muda Balikpapan yang kreatif, inovatif dan memberikan solusi bagi pengembangan sekolah bahkan kota Balikpapan kedepannya,” tuturnya (22/10).

Wildan Syukri juga menyampaikan bahwa program ini juga sebagai bentuk dukungan Telkomsel terhadap program pemerintah dalam pengembangan Balikpapan Smart City (Kota Pintar).

Telkomsel Digital Academy melibatkan 100 pelajar yang mewakili 20 sekolah tingkat SMA untuk ikut dalam kelas edukasi terkait Media Massa Online berbasis Teknologi Mobile Application, antara lain edukasi tentang Desain Grafis, Jurnalistik, Videografi, Application Manager dan Manajemen Media. Kelas Edukasi akan mulai dari tanggal 23 Oktober hingga 30 Oktober 2016. Masing-masing kelas akan diikuti oleh 20 peserta pelajar perwakilan dari beberapa sekolah tingkat atas baik Negeri maupun swasta yang ada di kota Balikpapan. Peserta mengukuti sesi edukasi sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh para pelajar.

Di Area Pamasuka, program Telkomsel Digital Academy ini dilaksanakan di 18 kota dengan tema yang berbeda beda untuk setiap kota nya.

Dan untuk di kota Balikpapan tema yang diangkat adalah Media Massa Online dengan teknologi berbasis Mobile Application. Aplikasi mobile ini dikemas dengan nama aplikasi MadingBosku (Majalah Dinding Buatan SekolahKu) dan dapat diunduh melalui Google Playstore.

Dalam kegiatan ini, setiap sekolah akan mempunyai aplikasi Madingbosku untuk masing-masing sekolah, yang dapat diupdate dan digunakan secara independen dan gratis sebagai bentuk loyalti Telkomsel kepada dunia pendidikan.

Mentor yang menjadi Trainer dalam program Telkomsel Acadeny Digital ini merupakan anak-anak muda yang ada di Balikpapan yang sudah expert dibidangnya masing-masing, antara lain: Sumarsono yang akan memberikan pelatihan pada kelas Jurnalistik, Wikan Herdarman yang akan menyampaikan materi tentang Videografi , Fransiena yang akan menyampaikan materi tentang Manajemen Media , Heru Joko Priyo Utomo yang akan memberikan materi tentang Application Manager dan Mafi Arif yang akan memberikan materi tentang Desain Grafis.

Seluruh siswa yang menjadi perwakilan sekolah wajib mengikuti semua kelas edukasi, karena diakhir acara seluruh siswa yang menjadi perwakilan sekolah wajib mengikuti lomba berbekal dari materi yang sudah didapatkan dari para mentor yaitu mengkreasikan Aplikasi Mobile Madingbosku untuk sekolah nya masing-masing. Hasilnya akan dikompetisikan untuk memperebutkan hadiah uang tunai dan trofi dari Telkomsel.

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Kemenag Balikpapan Banyak Menemukan Pembangunan Rumah Ibadah Langgar Aturan

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com – Pelanggaran pembangunan rumah ibadah disinyalir masih banyak terjadi di kota Balikpapan. Meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *