Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Ajak Warga Promosikan Pariwisata
Pengunjung Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. (foto: Andi A)

Pemkot Balikpapan Ajak Warga Promosikan Pariwisata

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan mengajak warganya dan swasta untuk sama-sama promosi pawisata daerah. Hal itu disampaikan Kabid Pariwisata Disporabudpar Balikpapan Abdul Majid.

Bahkan baru-baru ini Pemrintah Kota Balikpapan mengajak sejumlah pihak diantaranya Angkasapura Bandara Sepinggan, Pertmaina, Kadin, HIPMI, Perhotelan, Perbankan dan yang lainnya menggelar rapat bertajuk Strategi Promuii Pariwisata.

“Jangan beranggapan bahwa untuk memajukan pariwisata itu haya tugas pemerintah, akan tetapi hal itu menjadi tuga bersama,” ujar Abdul Majid.

Dia mencontohkan di sejumlah daerah yang p[ariwisatanya sudah sangat maju, karena ada peranserta swasta dan masyarakat. Karena Pemerintah Kota sebenarnya hanya sebagai fasilitator dan mempermudah perijinan.

“Kita ambil contoh pariwisata di Bali, Surabaya, Bandung dan Yogyakrta yang sudah maju pariwisatanya. Yang memajukan itu bukan pemerintah akan tetapi swasta dan masyarakat. Peran pemerintah itu hanya fasilitator dengan mempermudah regulator seperti perizinan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Apalagi lanjutnya, Balikpapan memiliki bandara Internasional yang berada di pusat kota. Sehingg Angkasa Pura selaku pengelola bandara juga memili peras penting untuk mengembangkan pariwisata.

Ia mencontohkan peran Bandara Internasional Sepinggan. Kata dia, pihak Angkasapura sebagai pengelola bandara itu punya peran strategis untuk mendorong menggeliatnya pariwiasata di Kota Balikpapan.

“Bandara Sepinggan menjad pintu masuknya pariwisata, jadi bagai mana memberikan pelayanan yang memuaskan bagi mereka sehingga menarik minat untuk kembali lagi ke Balikpapan. Akan tetapi sebaliknya, jika pelayanan yang diberikan buruk, maka pariwisata dari daerah lain enggan menginjakkan kali lagi di Balikpapan,” ucapnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Taksi Konvensional Berafiliasi ke Aplikasi, Ini yang Dirasakan Sopir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kisruh penolakan transportasi berbasis aplikasi seperti taksi daring mulai mereda. Bahkan kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *