Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Abdulloh : Pentingnya Memasyarakatkan Pancasila
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh

Abdulloh : Pentingnya Memasyarakatkan Pancasila

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memperingati lahirnya Pancasila, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abulloh meminta pemerintah agar memasukkan kembali Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau P4 dalam setiap kegiatan maupun kurikulum

Menurutnya, metode-metode jaman Orde Baru terbukti efektif dalam mencegah paham-paham radikalisme yang belakangan mulai berkembang dengan adanya aksi-aksi terror yang terjadi. Karena menolak Pancasila sebagai satu-satunya Ideologi bangsa.

“Kalau saya masih bisa bilang kembali ke masa Orde Baru semua metodenya bagus ada penataran P4, Sosialisasi Pacasila sampai ke masyarakat paling bawah memahami apa itu P4,” ujarnya.

“Kan gak ada salahnya yang baik di contoh, kan gak ada salahnya. Kemudian memasyrakatkan Pancasila,”

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, jika pemahaman dan makna Pancasila ditanamkan sejak dini. Termasuknya Butir-butir yang terkandang dalam teks Pancasila akan sangbat efekti mencegah paham radikalisme.

“Kalau itu ditanamkan sejak dini kepada masyarakat kita minimal sudah membaca satu yang Ketuhanan itu, kalau di implementasikan dijabarkan apa itu Ketuhanan jadi mereka jadi bertanya-tanya apa Ketuhanan dan sebagainya,” ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, jaman Orde Baru rata-rata setiap rumah punya lambang Garuda karena merupakan kewajiban. Kondisinya berbeda dengan sekarang.

“Lambang Garuda dulu setiap rumah ada kewajiban,” ujarnya.

Dia menambahkan, berkembangnya paham radikalisme dikarenakan pemahaman yang dangkal. Apalagi semakin berkembangnya informasi negative, melalui media social yang makin marak.

“Akibat dangkalnya pemahaman sementara informasi negative atau garis kiri itu semakin tajam,” pungkasnya. EDD

Comments

comments

About glen

Check Also

Belasan Jurnalis Balikpapan akan Jalani Rapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan. com – Belasan jurnalis Balikpapan yang setiap hari melakukan kegiatan peliputan virus corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.