Home / iniFLASH / Aktifis, LSM, Organisasi Hingga Mahasiswa Desak kepolisian Ungkap Pelaku Pencemaran Teluk Balikpapan

Aktifis, LSM, Organisasi Hingga Mahasiswa Desak kepolisian Ungkap Pelaku Pencemaran Teluk Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Masyarakat Kaltim yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Tumpahan Minyak Teluk Balikpapan akan menggelar aksi dan melapor ke Polda Kaltim terkait tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

“Hari Rabu kita akan melakukan aksi dan melaporkan kejadian itu di Polda Kaltim, kita juga sedang mengumpulkan bukti-bukti,” kata Koordinator Forum Peduli Teluk Balikpapan Husain

Menurutnya, Pemerintah kota Balikpapan harus segera memulihkan kembali Teluk Balikpapan dan mengembalikan fungsi mangrove maupun melindungi kelestarian ekosistem.

“Karena kalau sudah di tetapkan darurat lingkungan, tentu penanganannya lebih serius karena ada anggaran, bisa segera merecovery dampaknya,” terangnya.

Mereka juga meminta kepolisian agar transparan dalam penanganan kasus hukumnya. Karena kepolisian saat ini sedang melakukan poenyelidikan penyebab terjadinya tumpahan minyak tersebut.

“Memang harus transparan tidak ada yang ditutupi karena kita juga akan mengawal prosesnya hingga tuntas, menemukan pelaku yang bertanggungjawab,” imbuhnya.

Tumpahan minyak tersebut, menyebabkan pencemaran di Teluk Balikpapan yang berdampak luas bagi ekosistem maupun perekonomian masyarakat pesisir

Tumpahan minyak tersebut, menyebabkan pencemaran salah satu paling parah yang terjadi di Indonesia. Karena hingga puluhan mil atau puluhan kilometer wilayah yang terdampak.

Dua mamalia pesut ditemukan terdampar dan mati. Warga sekitar pesisir terancam sesak nafas karena bau minyak yang menyengat dalam beberapa hari terakhir.

Sehingga Pemerintah Kota Balikpapan pun terpaksa membagikan masker khususnya bagi warga yang tinggal diwilayah pesisir agar tidak mengalami sesak nafas.

Mereka yang tergabung di Koalisi Masyarakat Peduli Tumpahan Minyak Teluk Balikpapan yakni Forum Peduli Teluk Balikpapan, Jaringan Advokat Lingkungan Hidup, WALHI Kaltim, STABIL, JATAM Kaltim, JPKP, Forum Buruh Balikpapan, HMI Balikpapan, GMNI Balikpapan, PMII Balikpapan, Mapala UNIBA, BEM UNIBA, MPM UNIBA, Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Kaltimtara, POKJA 30, BEM SEBA, LKBH UNIBA, Balikpapan Save Bekantan dan Gusdurian Balikpapan.

Comments

comments

About glen

Check Also

Jalan Alternatif Kilometer 7 – MT Haryono Masih Perlu Perbaikkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan ujicoba jalur alternative untuk mengurai kepadatan arus kendaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.