Home / iniEven / Alami Kerusakan, Lanal Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Kawasan Tritip

Alami Kerusakan, Lanal Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Kawasan Tritip

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com —Lanal Balikpapan menanam se sebanyak 4074  bibit pohon tanaman mangrove di pantai Tritip Balikpapan Timur, Senin (7/10/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pemecahan rekor Muri TNI AL yang menanam pohon terbanyak 300.074 bibit pohon mangrove di seluruh Indonesia. Selain itu kegiatan yang dilaksanakan di Balikpapan ini juga dalam upaya melestarikan tanaman mangrove yang sebagian sudah rusak di pantai Balikpapan Timur.

” Penanaman bibit pohon mangrove bagian dari HUT TNI ke 74 yang dilakukan diberbagai daerah termasuk Balikpapan. Disini kita tanam 3074 bibit ya upaya pelestarian hutan mangrove di kawasan pesisir wilayah Balikpapan,” terang Danlanal Balikpapan Kol Laut Wahyu Cahyono. 


“Lokasi ini kita anggap sangat diperlukan untuk kelestarian selain menjadi tempat habitat hewan khas kalimantan keberadaan hutan mangrove juga memiliki banyak manfaat positif terhadap alam maupun kehidupan kepada manusia terutama untuk menghisap karbon dan menjaga pantai dari abrasi,” tandasnya.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Wahyu Cahyono yang ditandai dengan penyerahan bibit pohon mangrove kepada perwakilan warga  Acara ini juga dihadiri Kepala BLH Balikpapan Suryanto, Kasi Keselamatan KSOP Balikpapan Alex S, Camat Balikpapan Timur,  Lurah Tritip,  diikuti ratusan peserta dari TNI Polri, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat sekitar. 

Kesempatan sama Kepala BLH Balikpapan Suryanto mengatakan di Balikpapan terdapat tiga kawasan pelestarian mangrove mangrove yakni Margomuly,  Graha Indah dan kawasan mangrove Tritip.


“Khusus dikawasan Tritip ada 50 hektar yang merupakan kawasan terluas di Balikpapan. Tapi banyak juga di kawasan ini yang rusak dan perlu direvitalisasi,”tandasnya. 

Suryanto menambahkan Hutan mangrove banyak manfaatnya yakni mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai erosi pantai dan penyaring alami,  sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan berperan dalam pembentukan pulau serta menstabilkan daerah pesisir. 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Akses Jalan Masuk Gedung Parkir Klandasan Ditambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Setelah mendapat kritik pedas dari DPRD dan masyarakat Kota Balikpapan, Pemerintah Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.