Home / iniEven / AP I Balikpapan Komitmen dan Konsisten Ikut Kampanye Padamkan Lampu 1 Jam

AP I Balikpapan Komitmen dan Konsisten Ikut Kampanye Padamkan Lampu 1 Jam


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk kedua kalinya, Managemen PT Angkasa Pura I Sepinggan Balikpapan kembali membuktikan komitmen ikut mengurangi pemanasan global dan dampak perubahan iklim pada peringatan Hari Bumi  dalam bentuk kampanye global mematikan lampu di area bandara selama 1 jam pada, Sabtu malam (30/3/2019).

Kegiatan “Switch Off Earth Hour 2019” yang diinisiasi oleh organisasi lingkungan hidup dunia World Wildlife Fund (WWF) dan ikuti Bandara Sepinggan digelar di root top bandara Sepinggan tepat pukul 20.00 wita. Kegiatan seremonial yang digelar di root top bandara ini dihiasi dengan acara menghidupkan lilin berbentuk 60+,.

Pihak AP I Balikpapan juga menyiapkan layar monitor untuk sejumlah lokasi di bandara yang dimatikan lampunya, seperti kawasan kedatangan Bandara, area mall. Even ini juga dimeriahkan Band dengan lagu – lagu bertemakan alam.

Gerakan memadamkan lampu pada peringatan Hari Bumi 30 Maret ini juga serentak memadamkan lampu dilakukan managemen AP I  yang mengelola 13 bandara di seluruh Indonesia.

“Kampanye ‘Switch Off Earth Hour 2018’ ini dilaksanakan sebagai salah satu komitmen dan kepedulian Angkasa Pura I untuk pelestarian lingkungan bersama-sama dengan seluruh entitas bandara,” jelas GM AP I Balikpapan Farid Indra Nugraha (30/3).

Pemadaman sebagian lampu  di area Bandara akan dilakukan selama 1 jam pada pukul 20.30-21.30 yakni di beberapa titik di bandara seperti board name Bandara, perkantoran, beberapa gerai tenant, juga di pintu masuk Bandara.
Menurut Farid kegiatan pemadaman lampu ini tidak akan mengganggu aktivitas operasional dalam segi pelayanan.

Kegiatan kampanye Earth Hour yang dilakukan Bandara bersama otoritas bandara, airnav, jajaran operator maskapai, Polsek Bandara, Managemen AP I Balikpapan  mengajak seluruh stakeholder kebandarudaraan membubuhi tandatangan atas petisi  dukungan untuk pelestarian lingkungan. 

Selain memadamkan lampu, dalam memperingati Earth Hour 2019 ini, Bandara SAMS melakukan bersih – bersih di lingkungan bandara  SAMS Sepinggan Balikpapan dengan melibatkan komunitas di bandara juga karyawan.

General Manajer Angkasa Pura  I Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan kegiatan yang dilaksanakan  dengan bersama-sama mematikan lampu selama 1 jam ini diharapkan bisa menghemat energi. 

“Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas operasional dan tidak mengurangi tingkat pelayanan serta keamanan Bandara SAMS Sepinggan” ungkap Farid.

“Dari kegiatan ini harapanya agar aksi yang dilakukan malam ini dapat menumbuhkan kesadaran seluruh insan komunitas  bandara bahwa kita bersama sama wajib melakukan penghematan energi untuk masa depan bumi,” ujarnya. 

Dalam kegiatan ini selain memadamkan lampu bandara, peserta juga dibagikan sedotannya dari bambu sebagai bentuk upaya kecil mengurangi penggunaan plastik sedotan. 

Sebelumnya,  PT Angkasa Pura I (Persero) dengan WWF-Indonesia sebagai bentuk sinergi telah  melakukan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani bersama di Mangupura-Bali pada Senin (18/3/2019).

PT Angkasa Pura I (Persero) dan WWF-Indonesia menjalin kerja sama dalam program konservasi dan edukasi, pelestarian lingkungan hidup, dan pengembangan pariwisata sesuai prinsip pengelolaan berkelanjutan. 
Secara khusus, kerja sama mencakup kegiatan kampanye Earth Hour di 13 bandara dan 8 kota, juga program konservasi dan edukasi untuk meningkatkan kepedulian publik dan para pemangku kepentingan terhadap lingkungan hidup, termasuk program penanganan sampah, penanaman pohon dan pengelolaan ekotourisme.

“Semoga kepedulian kita terhadap lingkungan tidak hanya pada peringatan Earth Hour saja namun menjadi komitmen yang secara konsisten  dilakukan dalam kehidupan sehari-hari” tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Launching Skuat Persiba,100 Anak-anak SSB Sikat Legenda Persiba 2-0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – 100 anak-anak yang tergabung dalam Sekolah Sepakbola Balikpapan (SSB) mempermalukan legenda Persiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.