Home / iniFLASH / Bacaleg Meninggal Dunia, KPU Minta Berkarya Ajukan Bacaleg Pengganti

Bacaleg Meninggal Dunia, KPU Minta Berkarya Ajukan Bacaleg Pengganti

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menilai masih bisa dilakukan pergantian bagi bacaleg meninggal dunia seperti yang dialami Bacaleg Partai Berkarya E Rachman karena dibunuh pada Minggu dinihari (9/9/2018).

Karena itu pihaknya meminta kepada partai Berkarya agar segera mengurus bakal calon legislatif pengganti untuk daerah pemilihan Balikpapan Utara.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan ada tiga keadaan bakal caleg kehilangan statusnya pencalonan yakni karena ada tanggapan masyarakat yang bisa dibuktikan, meninggal dan mengundurkan diri.

“Kalau yang menimpa bacaleg partai Berkarya itu kan meninggal ya, jadi harus segera diajukan penggantinya ke KPU. Lain hal kalau mengundurkan diri, maka tidak bisa digantikan,” kata Noor Thoha.

“Sebenarnya, almarhum itu sangat lengkap berkasnya dan akan diumumkan sebagai DCT. Tapi karena kejadian kemarin, ya mau nggak mau namanya dicoret dari Daftar Caleg Sementara dan partai Berkarya seharusnya segera menyerahkan bakal caleg pengganti,”jelasnya (10/9/2018).

Menurutnya masih ada waktu untuk menyampaikan bacaleg penggani karena Daftar Calon Legislatif Tetap atau DCT diumumkan pada 20 September mendatang. “Makanya, segera menyerahkan nama dan berkas pendaftaran untuk kami verifikasi,” lanjutnya.

Berkas yang harus dipenuhi yakni
Mengisi formulir pendaftaran, pas foto, fotokopi KTP dan KTA partai, SKCK, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan dari Pengadilan Negeri.

Nantinya, bakal caleg pengganti itu menempati dapil dan nomor urut yang sama dengan almarhum. Diketahui almarhum bacaleg nomor urut 11 Dapil Balikpapan Utara.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Potensi Industri Kerajinan Kaltim Butuh Dukungan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kaltim memiliki potensi industri kerajinan yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.