Home / iniHL / Balikpapan Deklarasi Kurangi Sampah Plastik
Plt Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama DLH dan instansi lainnya

Balikpapan Deklarasi Kurangi Sampah Plastik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Lingkungan Hidup memberikan perhatian khusus kepada Pemerintah Kota Balikpapan, dalam upaya pengelolaan sampah domestik dan kebersihan kota yang telah dilakukan selama ini. Berdasarkan hal itu, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018, Kota Balikpapan memperoleh apresiasi dari KLHK untuk melaksanakan agenda Puncak HPSN Tahun 2018 yang mana kegiatan ini akan menjadi penilaian sekaligus insentif/disintensif bagi Pemerintah Daerah dalam penilaian penghargaan Adipura 2018.

Kota Balikpapan memaknai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018 dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung pengurangan sampah nasional, dengan tema “ Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah” dengan Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada hari Minggu, tanggal 25 Maret 2018 di Lapangan Merdeka dengan Acara Car Free day Tanpa Sampah.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan deklrasai penggunaan Tumbler yang merupakan botol minuman berulang oleh seluruh warga Balikpapan, dan komitmen pengurangan penggunaan kantong plastik di Mall dan Pasar Modern yang dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Balikpapan.

Plt Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan deklarasi dan kegiatan ini adalah salah satu komitmen kota untuk menjaga kebersihan sehingga dibuatkan Perwali guna mengurangi sampah khususnya sampah plastik.

“Perwali kita buatkan khusus perusahaan, namanya perwali ada sanksi. Ini sebagai wujud kepedulian kita bagaimana mengelola sampah,” terangnya.

Dengan adanya perwali sampah yang ada dapat dikurangi khususnya sampah plastik karena sampah didominasi oleh plastik. Rencananya perwali akan segera dikeluarkan untuk menindaklanjuti pengelolaan sampah.

“Dengan adanya perwali bisa lebih greget. Kita juga terus mengajak warga untuk membuang sampah pada tempat dan tidak sembarang tempat,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen termasuk masyarkat untuk mengurangi sampah plastik dengan memilah dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami juga tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang dan menjaga kebersihan kota,” tambahnya.

 

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

PHM dan Elnusa Bentuk Konsorsium Penyedia Jasa Comenting di Delta Mahakam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) bersinergi dengan PT Elnusa membentuk konsorsium dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.