Home / iniFLASH / Balikpapan Paling Rawan Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kaltim
Waspada, gelombang panas elnino sebabkan kebakaran hutan (foto : IrfanSPB)

Balikpapan Paling Rawan Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan dianggap paling rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (kahutla). Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggunakan Bencana aerah (BPBD) Kaltim Frederik.

Dari hasil presentase BMKG, Kaltim masuk wilayah di Indonesia yang masuk kategori rawan terjadi kebarakan hutan dan lahan selain Riau. Karena potensi suhu panasnya hingga 42 derajat celsius yang diperkirakan hingga 21 Maret 2019.

“Kalau hasil presentase BMKG itu ya, Balikpapan karena penguapan minyak dan sebagainya, itu kan kita tidak mau terulang lagi laut, kemudian Kukar, Kutim, Kutai barat, hampir semua daerah,” ujar Frederik.

Kata dia, pihaknya sudah menyurat ke masing-masing Pemerintah Kota dan Kabupaten agar waspada. Meskipun Pemerintah Provinsi hingga kini belum menetapkan status siaga.

“Gubernur sudah menyurat. Titik hotspot tinggi, meskipun saat ini ada hujan tipis tapi ya panasnya tetap aja, yang sedikit lembab itu kering lagi jadi kita harus antisipasi. Daerah harus siaga,” ujarnya.

Dia juga menghimbau masyarakat berhati-hati saat membangkar sampah. Tidak meninggalkan begitu saja, harus memastikan api sudah mati. Begitu pun tidak sembarang membuang putung rokok.

“Makanya kita himbau kepada masyarakat berhati-hati meskipun bakar sampah. Harus dijaga paling ngak, jadi dia meninggalkan itu (bakaran sampah) tiak ada lagi penyebaran-penyebaran api,” ujarnya

“Yang menyebabkan kebakaran-kebakaran tadi bakar sampah, lingkungan terbakar karena ditinggalkan. Kemudian ada sulutan puntung rokok,”

Dia juga meminta tokoh agama ikut me yampaikan pesan ke warga saat agar mewaspadai kebakaran hutan dan lahan.

“Bahkan di masjid-mesjid, gereja-geraja, pendeta-pendeta, ustad-ustad kalau mau tausiah atau kotbah itu selipkan satu menit itu untuk siaga bencana,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Gawang Persiba Dibobol Tiga Gol Pemain Bontang FC

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – Persiba Balikpapan menggulung Bontang FC 8-3 dalam laga persahabatan di stadion Batakan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.