Home / IniEKONOMI / Bandara SAMS Sepinggan Terbaik Kedua di Dunia Kategori Penumpang 5-15 Juta

Bandara SAMS Sepinggan Terbaik Kedua di Dunia Kategori Penumpang 5-15 Juta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur meraih peringkat kedua Airport Service Quality atau ASQ untuk bandara berpenumpang 5 – 15 juta orang per tahun. Penilaian itu dilakukan Airport Council International atau ACI.

General Manager AP 1 SAMS Sepinggan Balikpapan, Handy Heryudhitiawan mengatakan, capaian ini menjadikan satu-satunya bandara di Indonesia yang selalu masuk dalam 10 besar dunia dalam penilaian triwulan ACI.

“Sebenarnya saya sudah menerima informasi lewat email beberapa hari lalu, cuma mereka (ACI) minta ditahan dulu. Menunggu mereka publish. Maka hari ini baru kita informasikan,” kata Handy (8/3/2018).

Capaian bandara SAMS Sepinggan itu setelah melalui 34 parameter yang diukur oleh ACI. “Mereka pernah secara langsung mengutus dua orang perwakilan kemari, kemudian melakukan pengecekan atas 34 paramater yang menjadi tolok ukur penilaian,” ungkapnya.

Dari 34 parameter itu, bobot tertinggi dan terberat berada di layanan dan kenyamanan yang dirasakan penumpang. Termasuk kemudahan akses menuju bandara yang namanya diambil dari nama Sultan Kutai.

Kami velum tahu ke depan apakah ada bobot yang lebih lagi dan ini tentunya menjadi tantangan antar bandara di indonesia. Ada halim, makassa, medan yang 5 sampai 15 juta. Kenapa balikpapam, ini suatu anugerah.

“Kami targetkan juara 1 untuk penilaian di 2018, maka salah satu strateginya dengan merelokasi mitra tenant untuk dipercantik lagi sehingga terlihat apik dan kenyamanan dalam pelayanan semakin dirasakan calon penumpang. Semoga ini menjadi momentum kita,” harapnya.

Selain mempercantik tampilan, kru Angkasa Pura 1 juga terus dilatih dalam melayani segala jenis calon penumpang. “Di AP 1, baru bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang memiliki kru terlatih dalam melayani calon penumpang penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bandara terbaik juara 1 penumpang 5-15 juga dipegang bandara Rajiv Gandhy di Hyderabad, India. Juara II selain Bandara SAMS Balikpapan juga dipegang Hohhot asal China. Untuk juara III ditempati bandara Chocin dan Pune dari China serta Kalkuta, India.

Selain bandara SAMS Sepinggan, bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih juara 1 dan Juanda Juara III untuk bandara dengan jumlah penumpang 15 – 25 juta orang per tahun.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About san tri

Check Also

Kurangi Pemanasan Global, Siswa dan Guru SMPN 4 Tenggarong Tanam Pohon

TENGGARONG, Inibalikpapan.com – SMP Negeri Tenggarong, bersama orangtua siswa melakukan penanaman pohon. Hal itu sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.