Home / iniFLASH / Bandara Sepinggan Raih Akreditasi ACEA dan Empat Penghargaan Tingkat Dunia
Bandara Sepinggan Balikpapan (foto : fariviasi)

Bandara Sepinggan Raih Akreditasi ACEA dan Empat Penghargaan Tingkat Dunia

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan meraih akreditasi Airport Customer Experience Accreditation (ACEA) yang merupakan program dari Airports Council International (ACI)

Bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I itu meraih akreditasi Airport Customer Experience Accreditation bersama 9 bandara lainnya di Indonesia dan menjadi operator bandara pertama di Asia-Pasifik.

Akreditasi tersebut, sebagai bukti pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Adapun 9 bandara lainnya di Indonesia yang juga meraih akreditasi Airport Customer Experience Accreditation diantaranya,  Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Bandara Juanda Surabaya.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sam Ratulangi, Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Internasional Lombok Praya

“Kami bangga bahwa komitmen kami dalam meningkatkan level of service serta customer experience di bandara-bandara yang kami kelola berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation Program yang dilakukan oleh ACI,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta.

“Akreditasi ini semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya,”

Dalam program strategisnya, Angkasa Pura I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Angkasa Pura I menekankan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan suatu prioritas yang terus ditingkatkan demi mencapai target menjadi salah satu yang terbaik di tingkat global. 

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan praktik bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik yang terdiri atas customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/innovation, dan airport community collaboration.

“Suatu prestasi membanggakan khususnya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan salah satu Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I  terakreditasi pelayanan tingkat dunia,” ujar Farid Indra Nugraha, General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Selain meraih akreditasi Airport Customer Experience Accreditation, Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan pada empat kategori yakni bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Kemudian bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun, bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun dan Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

“Terkait prestasi ini bukan hanya untuk Angkasa Pura I saja, tetapi saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat kota Balikpapan yang turut berperan sehingga peningkatan layanan terus kami berikan,” ujarnya.

Penilaian tersebut didasarkan hasil survei Airport Service Quality (ASQ) yang dirilis 6 Maret 2019 yang lalu di Kanada. PT. Angkasa Pura I dianggap berkomitmen meningkatkan pengalaman pelanggan.

“Dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat,” ujar ACI World Director Angela Gittens. 

Perwakilan 10 bandara Angkasa Pura I ini akan diundang untuk menerima sertifikat akreditasi dalam ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September 2019 mendatang bersama bandara-bandara internasional dunia lainnya.

Bandara-bandara tersebut yakni, Bandara John F. Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara  Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada).

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.