Home / IniEKONOMI / Bank Indonesia Balikpapan Gelar Sosialisasi Uang Rupiah
uang pecahan

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Sosialisasi Uang Rupiah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan melakukan sosialisasi sekaligus edukasi ke masyarakat mengenai uang rupiah terutama ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR) dan kampanye cinta rupiah.

Dengan mengandeng Dinas Pendidikkan Kota Balikpapan Bank Indonesia menggelar program Sekolah Peduli Rupiah (SPR). SPR ini pertama kali digelar pada 10 November 2018 yakni memberi edukasi atau literasi uang rupiah kepada pelajar tingkat SLTP.

“Ada 23 sekolah SMP Negeri, 3 SMP Swasta dan 3 Pondok Pesantren atau sebanyak 500 pelajar di Kota Balikpapan yang mengikuti sosialisasi SPR tersebut,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suhatman Tabrani.

Dalam sosialisasi itu sekolah peserta SPR diberikan waktu selama tiga minggu untuk dapat menyusun dan melaksanakan program edukasi uang rupiah di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Seluruh kegiatan edukasi tersebut dilaporkan bersamaan dengan seleksi pertama Duta Rupiah pada 29 November 2018.

Kegiatan itru ditutup pada 30 November 20118 dengan menyelenggarakan berbagai lomba tentang uang rupiah yaitu pemilihan final duta rupiah, kompetisi cerdas cermat serta lomba yel-yel yang berlangsung dengan meriah.

“Ke depannya program SPR ini akan terus berlanjut dengan bentuk kegiatan yang sama dengan lingkup yang lebih luas maupun dengan topik yang berbeda,” ujarnya

Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan mengharapkan agar seluruh peserta SPR untuk terus melanjutkan edukasi kepada masyarakat. Sebagaimana misi awal Bank Indonesia yang ingin mengajak generasi muda Kota Balikpapan untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam literasi uang rupiah melalui gerakan cinta rupiah.

“Generasi muda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang akan memberikan pengaruh baik pada lingkungan sekitarnya dan tercipta persepsi/mindset yang positif terhadap uang rupiah,” pungkasnya.

List Pemenang Sekolah Peduli Rupiah:

Lomba Duta Rupiah
1. SMP KPS
2. SMP N 1 Balikpapan
3. SMP N 7 Balikpapan

Lomba Cerdas Cermat
1. SMP N 7 Balikpapan
2. SMP N 5 Balikpapan
3. SMP N 12 Balikpapan

Lomba Yel Yel
1. SMP N 9 Balikpapan
2. SMP N 12 Balikpapan
3. SMP N 23 Balikpapan

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.