Home / iniFLASH / Banyak Patok Orange dari Bappenas, Tanda Ibu Kota

Banyak Patok Orange dari Bappenas, Tanda Ibu Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebuah patuk berwarna orange di beberapa titik tiba-tiba membuat warga kaget dan heran apa sebenarnya tanda tersebut. Berdasarkan pantauan media ini, patok tersebut tertuliskan “Badan Geospasial RI”.

Sejauh ini dari pantauan media ini terdapat sedikitnya empat titik patok tersebut berada, diantaranya di Kelurahan Sumberjo, Kelurahan Batu Ampar, Kelurahan Karang Joang dan Kelurahan Samboja (Kukar) Km 60.

Menurut Ketua Rt 26 Kelurahan Batu Ampar Ahmad Yansah, beberapa bulan yang lalu setelah adanya kunjungan Presiden RI Joko Widodo tiba di Balikpapan, tim dari Jakarta Pusat mendatangi rumahnya untuk meminta izin memasang tanda tersebut.

“Sudah ada yang datang beberapa bulan lalu dari Jakarta Pusat, sudah ijin mau pasang tanda itu. Saya tanya untuk apa itu kan, mereka jawab untuk pemetaan Kota Balikpapan dari satelit. Dan terkait rencana pemindahan Ibu Kota,” ujarnya, Jumat (2/8/2019).

Lebih lanjut Ahmad Yansah mengatakan, bahkan dirinya sempat disodorkan surat tugas dan pemberi tahuan oleh tim tersebut untuk pemasangan tanda berwarna orange tersebut di wilayahnya.

“Saya engak berani tanya jauh lagi, karena mereka sibuk dan saya tau dari Jakarta karena ada tanda pengenalnya. Saya juga sempat ditunjukkan surat tugasnya, saya juga baca,” terang Ahmad Yansah.

Saat disinggung sampai kapan alat tersebut boleh berada diwilayah Rt nya, Ahmad Yansah menjelaskan jika benda tersebut tidak boleh diganggu-gugat hingga satu atau dua bulan kedepan. Pasalnya akan dijadikan sebuh potret pemetaan dari satelit.

“Saya tanya sampai kapan disitu kan, dia bilang ya sampe satu atau dua bulan lah. Pokoknya jangan di apa-apakan itu tandanya,” jelasnya.

Seperti diketahui, tanda tersebut adalah penanda milik Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia. Tanda-tanda ini disinyalir kuat adalah sebagai langkah untuk memetakan kawasan Ibu Kota dan pendukungnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.