Home / IniEKONOMI / Bekraf Tetapkan Balikpapan Fokus Pengembangan Aplikasi dan Permainan
Badan Ekonomi Kreatif saat menggelar sosialisasi Food Startup Indonesia di Kota Balikpapan
Sosialisasi Badan Ekonomi Kreatif di Balikpapan beberapa waktu lalu

Bekraf Tetapkan Balikpapan Fokus Pengembangan Aplikasi dan Permainan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Mulai tahun ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menetapkan sektor unggulan Kota Balikpapan yakni pengembangan aplikasi maupun permainan sebagai sektor unggulan.

Hal itu sesuai  Keputusan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Nomor 83 Tahun 2019 tentang Kabupaten dan Kota Kreatif Indonesia. Dimana Kota Balikpapan disebut sebagai kota inovasi berkelanjutan(sustainable innovation).

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Balikpapan, Doortje Marpaung mengatakan, pengembangan aplikasi dan permainan tersebut, akan membantu mempromosi ekonomi kreatif.

“Tahun ini dan yang akan datang untuk pengembangan ekonomi kreatif dikembangkan aplikasi dan pengembang permainan. aplikasi itu katanya (bekraf) akan membantu sektor lainnya dalam mempromosikan ekonomi kreatif lainnya,” ujarnya

Dia mengatakan, ditetapkannya Kota Balikpapan untuk pengembangan aplikasi maupun permainan sebagai sektor unggulan karena dianggap memiliki komitmen yang berkelanjutan pada sektor ekonomi kreatif. 

“Dari Badan Ekonomi Kreatif Pusat yang menilai dengan alasan ditetapkannya sektor unggulan pada aplikasi itu katanya Balikpapan memiliki komitmen berkelanjutan. itu berdasarkan uji petik yang dilakukan pada tahun 2016 oleh Badan Ekonomi Kreatif,” ucapnya

Doortje pun mengamini, bahwa  selama tiga tahun terakhir Pemerintah Kota Balilkpapan memiliki komitmen pada ekonomi kreatif  seperto pembentukan forum ekonomi kreatif dan kegiatan yang mengarah pada aplikasi.

“Selama tiga tahun belakangan ini pemkot ada komitmen hal itu misal, sudah dibentuk forum ekonomi kreatif, banyak kegiatan yang mengarah pada aplikasi dan game. bahkan ada dalam visi misi Pemerintah Kota dalam ekonomi kreatif,” ujarnya

Dia mengungkapkan, sebernarnya saat dilakukan uji petik dilakukan Pemerintah Lota Balikpapan juga mengusulkan kuliner dan kerajinan. Namun, Bekraf tetap memilih sektor unggulan Balikpapan aplikasi dan permainan.

“Sempat kita bilang balikpapan itu unggul pada kuliner dan kerajinan batik serta tenun. tapi bilang tim badan ekonomi kreatif, apapun kerajinan batik itu akan kalah dengan jawa karena di sana 4-5 terbiasa dengan kerajinan. sedangkan aplikasi dan pengembang permainan bisa mengsupport dari sub sektor lainnya,” ujarnya

Comments

comments

About glen

Check Also

Pembukaan ASFC 2019, Babak Pertama Indonesia Pesta 5 Gol, Dua Pelajar Sambil Nonton Asik Kerjakan Soal Matematika

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com — Kejuaraan sepakbola Pelajar Asia (ASFC) resmi dibuka oleh Deputi IV Kemenpora  Raden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.