Home / IniEKONOMI / Berharap Momen Gerhana Matahari, Bisa Dongkrak Okupansi Hotel Hingga 25 persen
Kawasan bisnis dan Perhotel Balikpapan jalan Jendaral Sudirman

Berharap Momen Gerhana Matahari, Bisa Dongkrak Okupansi Hotel Hingga 25 persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Masih lesunya perekonomian nasional yang berimbas pada situasi di daerah, membuat sejumlah pelaku usaha harus putar otak agar dapat bertahan melewati situasi ini.

Momen gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang dan dikemas dalam rangkaian HUT ke 119 tahun kota Balikapan diharapkan ikut menggairahkan bisnis perhotelan di Balikpapan. Saat ini tingkat okupansi bervariasi antara 40-60 persen

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Balikpapan Yulidar Gani berharap momentum ini dapat mengangkat okupansi hotel minimal 20-25 persen.

“Ya setidaknya bisa angkat 20-25 persen. Memang saya tahu lebih lama kejadian ini kalau dilihat dari Grogot. Tapi di Balikpapan juga dapat menikmati ini ya kita berharap ini bisa bagus buat kita-kita dihotel dan yang lainya juga,” harapnya (8/2/2016).

Fenomena alam ini diharapkan dapat menyedot perhatian masyarakat luar Balikpapan termasuk luar negeri untuk datang dan menginap di Balikpapan. Sehingga membuat keterisian hotel terangkat.

“Dari yang saya dengar memang sudah ada yang pesan dari luar negeri itu ada kayak Jepang tapi jumlah berapa kita belum tahu. Orang yang datang seperti Jepang biasanya mereka ini berkaitan dengan hal ilmiah kayak peneliti,” katanya.

Meski kejadian hanya berlangsung singkat namun diharapkan masyarakat yang menginap dihotel minimal dua hari atau tiga hari bagi turis asing. Lanjut Yulidar pengelola hotel-hotel di Balikpapan berharap kejadian ini dapat menambah okupansi hotel apalagi pemerintah kota sudah merangkai beberapa kegiatan yang dapat menarik minat orang berkunjung ke Balikpapan seperti pesta laut dan kuliner di dua lokasi yakni Pantai Manggar dan lapangan Merdeka.

“Harapan seperti itu yang pesan memang belum full. Memang ada pesan jumlah besar tapi kita belum terima informasi persisnya. Memang yang pesan bisa dari luar dan demestik,” tukasnya.

Seperti diketahui, pemkot Balikpapan akan menggelar pesta laut dan kuliner menyambut gerhana matahari. Lokasi berada di lapangan Merdeka dan pantai Manggar. Peristiwa juga akan disaksikan oleh para turis yang sudah memasan hotel di Balikpapan.

“Kegiatan tersebut bertujuan menarik minat wisatawan mancanegara dan nusantara untuk berkunjung ke Balikpapan,” Kata Kepala Dinas Pariwisata, Oemy Facessly beberap waktu lalu.

Bahkan Direktur Trans Borneo Adventure, Joko Purwanto menyebutkan gerhana matahari yang bisa disaksikan di Kalimantan Timur dapat menyedot ratusan hingga seribu wisatawan asing. “Fenomena ini sudah dijual sejak setahun yang lalu, dengan lama kunjungan 3 hari 2 malam. Banyak klien kami yang berminat datang ke Balikpapan untuk menyaksikan,” kata Joko belum lama ini.

Joko menyebut sudah ada 60 wisatawan mancanegara yang melakukan pemesanan. Mereka berasal dari Jepang sebanyak 30 orang, Kanada 10 orang dan sisanya dari berbagai negara di Eropa dan Asia. Selain Balikpapan.

Peristiwa langka di dunia astronomi gerhana matahari total (GMT) terjadi 9 Maret mendatang dapat disaksikan di 11 provinsi di Indonesia diantaranya untuk pulau Kalimantan dapat dinikmati di Kaltim, dan Kalbar.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Panglima Ucapkan Terima Kasih Atas Peran Prajurit Pada Pemilu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.