Home / iniFLASH / BPS Balikpapan Gelar Sensus Penduduk Secara Online
Sensus penduduk online yang dilakukan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

BPS Balikpapan Gelar Sensus Penduduk Secara Online

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan menggelar sensus penduduk 2020. Kediaman Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, rumah yang didatangi BPS untuk melakukan sensus penduduk, Sabtu (15/2).

Namun sensus penduduk kali itu tidak lagi dilakukan secara manual. Dilakukan secara online. Rizal melakukan pengisian data kependudukkan dengan menggunakan sistem online dipandu petugas dari BPS Balikpapan.

Usai melakukan pengisian data kependudukan, Rizal pun kemudian mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan untuk berpartisipasi dengan mengisi data kependudukkan dengan sistem online. Karena menjadi lebih mudah.

“Sensus Penduduk 2020 akan dijadikan sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Dengan mengetahui kondisi kriteria kependudukan, kita akan dengan mudah memperoleh gambaran tentang kebutuhan dari suatu wilayah,” ujarnya.

“Karena itu saya mengajak kepada kita semua untuk turut serta menyukseskan terselenggaranya Sensus Penduduk 2020, baik dalam upaya penyebarluasan informasi, maupun melakukan koordinasi secara intensif dengan setiap lembaga maupun perangkat daerah,”

Menurutnya, tahun ini merupakan tahun pertama BPS melakukan sensus penduduk dengan sistem menggunakan online. Sensus penduduk yang dilakukan mulai 15 Februari hingga 31 Maret atau hanya sekitar 1,5 bulan.  

“Waktunya juga tidak panjang sehingga diperlukan banyak relawan yang bisa diambil misalnya mahasiswa yang KKN, mitra BPS, maupun forum dasawisma yang dapat kota manfaatkan agar sensus penduduk dapat maksimal,” ujarnya.

Dia juga mewajibkan seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan melakukan berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online yang akan di monitoring masing-masing oleh pimpinan OPD masing-masing.

Camat, lurah hingga Ketua RT juga diharapkan berperan aktif mengajak warganya melakukan sensus penduduk secara online. Bahkan rencannya, Senin (17/02), saat coffea morning akan dibahas jika ada kelurahan yang mengalami kendala.

“Saya juga ajak seluruh elemen masyarakat di Kota Balikpapan untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai Sensus Penduduk 2020 melalui berbagai media, baik di forum masyarakat ataupun grup whatsapp lingkungan serta berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Bantu Masyarakat, Kodam VI/Mulawarman Bagi Sembako

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) di beberapa wilayah Indonesia berdampak pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.