Home / iniFLASH / BPS Balikpapan : Jumlah Penduduk Miskin Meningkat
Kepala BPS Balikpapan Nur Wahid

BPS Balikpapan : Jumlah Penduduk Miskin Meningkat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Angka penduduk miskin di kota Balikpapan mengalami peningkatan apabila dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan penduduk miskin dari tahun 2016 sebesar 2,81 persen menjadi 2,82 persen tahun 2017.

Dalam menghitung angka penduduk miskin di Balikpapan berdasarkan pada survey sosial ekonomi nasional yaitu penentuannya didasari pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi atau pengeluaran rumah tangga sebesar 2.100 kilo kalori perkapita/perhari.

“Penghitungannya berdasarkan pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi atau pengeluaran rumah tangga sebesar 2.100 kilo kalori perkapita perhari. Jika dirupiahkan pada tahun 2017 sebesar Rp530.710 itu batas garis kemiskinan perorang perbulan,” ucap Kepala Badan Pusat Statistik Balikpapan, Nur Wahid, Selasa (27/2/2018).

Melalui penghitungan itu menurutnya, angka penduduk miskin itu bertambah sekitar 300 jiwa dimana tahun 2016 sebanyak 17.550 jiwa menjadi 17.860 jiwa di tahun 2017 dari jumlah penduduk kota Balikpapan.

“Memang peningkatan tidak terlalu besar tapi ada peningkatan sebesar 0,01 persen dari tahun sebelumnya dari jumlah penduduk,” sebutnya.

Dikatakan Nur Wahid, peningkatan penduduk miskin di kota Balikpapan ini salah satu dampak dari angka pengangguran yang mengalami peningkatan yang signifikan.

“Kenaikan angka kemiskinan itu apabila dikorelasikan dengan jumlah angka pengangguran itumengalami peningkatan pada tahun kemarin memang ada korelasi yang signifikan,” lanjutnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Akbar Tanjung Hadiri Konfrensi Cabang HMI Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Tokoh Nasional Akbar Tanjung menghadiri Milad HMI ke-73 dan pembukaan Konferensi Cabang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.