Home / iniFLASH / Bus Antar Kota dan Provinsi akan Dilakukan Ramp Check
Sudirman Djayaleksana

Bus Antar Kota dan Provinsi akan Dilakukan Ramp Check

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan ramp check atau pengecekan khususnya untuk bus antar provinsi yang melayani mudik. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana.  

Rencananya ramp check tersebut, akan dilaksanakan pada 21-22 Mei di Terminal Batu Ampar Balikpapan. Kendaraan yang akan dilakukan pengecekan adalah bus antar wilayah seperti Balikpapan – Samarinda dan Balikpapan – Banjarmasin.

Sudirman mengatakan, ramp check  langsung dibawah kendali pengawasan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kaltim dan bukan lagi pemerintah setempat. Pihaknya hanya mendampingi atau memperbantukan tenaga ahli.

“Saat ini Dinas Perhubungan Kota hanya bertugas untuk memperbantukan personel yang ahli. Kalo dulu tangang jawabnya ada di kami, tapi sekarang bukan lagi. Hal itu karena bus kota antar dalam provinsi menjadi tanggung jawab BPTD,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ramp check dilakukan untuk memastikan kendaraan yang digunakan layak untuk melakukan perjalanan jauh. Pengecekan dilakukan mulai dari rem, kondisi ban, speedometer, kelengkapan emergency dan lampu kendaraan.

 “Pengecekan juga pada lampu karena jika kendaraan beroperasi pada malam hari dan lampunya tidak benar maka akan sangat berbahaya, karena ini untuk keselamatan penumpang,” ujarnya

Pengecekan tersebut juga bukan hanya menyangkut tekhnis kendaraan dan administrasi, tapi juga menyangkut kelengkapan surat-surat maupun perijinan khususnya kendaran angkutan umum, semua harus lengkap. Termasuk memberikan pengarahan kepada pengemudi. “Speedboat juga. Tapi untuk motoris cilik, sebenarnya itu kami sudah lakukan evaluasi dan ternyata berasal dari Kabupaten Penajam. Ini juga sudah kami koordinasikan dengan pihak penajam,” ujarnya

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Warga Binaan Lapas Balikpapan Dilatih Mendaur Ulang Kertas Bekas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Balikpapan mendapat pelatihan mendaur ulang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.