Home / iniFLASH / Butuh Rp150 Miliar Pembebasan Lahan Sungai Ampal, Tahun Ini Alokasikan Rp6 Miliar

Butuh Rp150 Miliar Pembebasan Lahan Sungai Ampal, Tahun Ini Alokasikan Rp6 Miliar

# Pemkot Butuh 250 Miliar Atasi Banjir
BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota membutuhkan dana Rp150 miliar untuk pembebasan lahan pelebaran Sungai Ampal.

Sedikitnya dibutuhkan 15 hektare untuk pembebasan lahan pelebaran 25 meter sungai Ampal dari Balikpapan Baru hingga jembatan dekat hotel Zuric.

Sementara untuk penanganan banjir secara keseluruhan dibutuhkan Rp250 miliar.

“Tahun ini Baru dialokasikan Rp5-6miliar untuk pembebasan lahan sungai Ampal yang kita butuh Rp150 miliar untuk pembebasan sekitar 15 hektare,” sebut Plt Kadis PU Balikpapan Yusri Muhammad Ramli saat mendampingi Wali Kota Rizal Effendi melakukan tinjauan disejumlah tempat termasuk Sungai Ampal, Senin siang (9/7/2018).

Empat lokasi yang ditinjau yakni Kawasan BSB, Kawasan HER Sepinggan, Jalan AMD dan Sungai Ampal.

Menurut Yusri Ramli pembebasan lahan sungai Ampal kini masih berproses di BPN Balikpapan.

“Semantara berproses, PU dengan BPN kita komunikasi data data yang diperlukan sudha di komunikasikan. Mudahan bisa cepat. Data data sudah masuk semua mungkin nanti kalau ada kekurangan kita tambahkan,” katanya.

“Secara keseluruhan nanti dianggarkan. Tapi untuk secara keseluruhan sekitar 150 miliar. Andai satu meter itu sejuta. Secara apresial kita belum tau. Akan ada sendiri nanti. Kita tidak tahu konsultan itu nanti menilai ada dasar dasarnya,” sambungnya.

Untuk proses pembebasan pihaknya berharap satu dua tahun sudah ada hasil meskipun belum bisa tuntas seluruhnya. ” Tapi kita mau lihat sudah ada progres karena kita fokus ke penangan banjir di sungai Ampal ini. Anggaran seluruhnya sekitar 250 miliar,” harapnya.

Pada kesempatan sama Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan selain pelebaran sungai juga dilakukan pembenahan bendali Wonorejo. Pelebaran Sungai merupakan Keharusan untuk menangani banjir di alur utama sungai.

“Di hulu ada bendali kita akan benahi. Kemudian dalam waktu dekat sedimentasi yang ada pasir -pasir kita angkat. Kemudian pembebasan lahan harus dilakukan supaya kita bisa segara lebarkan paling tidak 25 meter ” katanya.

Karenanya Rizal Effendi meminta dukungan masyarakat dalam pelebaran Sungai Ampal karena terkait harga dan lahan tempat tinggal warga.

” Yang bisa kita selesaikan kita lakukan dulu. Yang belum kita akan lakukan juga. Kalau secara keseluruhan butuh 150 miliar untuk pembebasan lahan,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Potensi Industri Kerajinan Kaltim Butuh Dukungan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kaltim memiliki potensi industri kerajinan yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.