Home / iniFLASH / Datangi Kantor KPU, Relawan Klaim Prabowo-Sandi di Balikpapan Unggul
Relawan Prabowo - Sandi saat melakukan aksi damai

Datangi Kantor KPU, Relawan Klaim Prabowo-Sandi di Balikpapan Unggul

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ratusan relawan Prabowo – Sandi mendatangi Kantor KPU Kota Balikpapan, Jumat (03/05) siang. Kedatangan mereka meminta agar KPU berlaku jujur, adil dan transparan dalam penghitungan suara.

Pasalnya, mereka menilai terjadi pelanggaran pada rapat pleno di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), diantaranya adanya sembilan kotak suara yang tidak tersegel saat diantar ke Hotel Mega Lestari tempat penghitunga suara.

“Kita ada beberapa tuntutan yang diajukan kepada KPU dan Bawaslu, namun yang terpenting adalah KPU Balikpapan ini bisa bekerja secara jujur, adil dan transparan,” ujar Kordinator akis Rona Fortuna Siregar.

Dia mengatakan, jika penyelenggara pemilu tidak menjalankan penghitungan suara dengan jujur, adil dan transparan, mereka meminta proses penghitungan yang sedang berlangsung saat ini dihentikan. Termasuk menuntut Bawaslu menindaklanjuti laporan-laporan pelanggaran.

Laporan-laporan tersebut, yakni terkait money politik, pembagian sembako hingga adanya seorang aparatur sipil negara (ASN) dilokasi kotak suara yang tidak tersegel saat diantar ke Hotel Mega Lestari tempat penghitunga suara.

Mereka juga mengklaim suara Prabowo – Sandi berdasarkan data dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) menyebutkan di Kota Balikpapan meraih suara tertinggi berdasarkan Form C1 dibandingkan pasangan Jokowi – Amin.

“Berdasarkan relawan BPN, suara Prabowo-Sandi menang di Balikpapan. Ini berdasarkan hasil form C1 yang telah dihimpun oleh tim loh,” ujarnya.

Menanggapi itu, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha menyatakan, jika masyarakat memiliki bukti yang kuat terkait adanya pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilu silahkan dilaporkan. Karena bakal ada sanksi tegas.

“Saya berjanji, saya bersumpah jika dalam melaksanakan jalannya proses pemilu 2019 ini akan bersikap adil, jujur dan transparansi. Jika ada bukti yang kuat terhadap instansi kami (KPU) silahkan dilaporkan. Karena akan ada sanksi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Toha juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama terus mengawal proses pemilu hingga selesai. Saat ini sedang dalam proses penghitungan suara dan proses pleno.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Abdul Rahman Pimpin Balai Karantina Pertanian Balikapapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan menggelar acara pisah sambut pergantian pimpinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.