Home / iniFLASH / Daya Tampung SMP dan SMA Negeri Tak Sampai 60 Persen Kelulusan
siswa (ilustrasi)

Daya Tampung SMP dan SMA Negeri Tak Sampai 60 Persen Kelulusan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Persaingan masuk sekolah negeri khusus untuk tingkat SMP dan SMA maupun SMK di Kota Balikpapan bakal ramai. Pasalnya, kapasitas kursi untuk SMP, SMA maupun SMK sangat terbatas.

Kepala Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, jumlah lulusan SD tahun ini 11.087 siswa, sementara jumlah SMP negeri sangat terbatas. Sehingga tidak bisa menampung seluruhnya.

“Daya tampung SMP negeri kita kan dari dulu tidak bisa maksimal karena memang terbatas, tapi yang tidak bisa masuk sekolah negeri bisa masuk ke sekolah swasta ,” ujarnya.

“Daya tampung sekolah swasta Insya Allah cukup . SMP negeri daya tampungnya sekitar 58 persen dari 11.087 siswa itu,”

Begitupun untuk daya tampung SMA dan SMK negeri juga sangat terbatas. Karena kata Muhaimin, dari informasi yang diterima Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), hanya bisa menampung sekitar 52 persen kelulusan SMP tahun ini.

“Tapi informasi yang disampaikan teman-teman dari MKKS daya dampungnya mereka tidak lebih bagus dari kita, sama angka nya hanya sekitar 52 persen dari 10.330 siswa,” ujarnya.

Kata dia, pihak sekolah tidak bisa mengajukan tambahan untuk satu rombongan belajar (rombel) yang sudah diatur sesuai Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Tahun 2016 mengenai batas peserta didik dalam satu rombel hanya 32 orang

“Kita belum bicara pengajuan tambahan rombel, karena bicara Pemendikbud masih 32 siswa. Tidak bisa memnambah rombel karena bisa melanggar Permendikbud. Kalau menambah harus ijin Kemendikbud dulu,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pelaku UMKM Balikpapan Harus Melek Digital

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – Pemerintah Kota Balikpapan meminta agara para pelaku usaha mikro kecil dan menengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.