Home / IniEKONOMI / Desa Kini Tidak Terisolir, Pengguna Game Terbesar Justru Ada di Kota Waringin, Kalteng
GM Customer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo (kedua dari kanan) didampingi Deni Eko Harwanto Manager Channel Operations Kalimantan (ketiga dari kanan), Yanuar Wisaksono Manager Branch Balikpapan (paling kanan )dan Anwar Sadat (paling kiri) Perwakilan Mitra AD Telkomsel dalam sosialisasi Program Mahakam Mkios data handalan Kalimantan(9/8/2019)

Desa Kini Tidak Terisolir, Pengguna Game Terbesar Justru Ada di Kota Waringin, Kalteng

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com— Perkembangan teknologi komunikasi tidak lagi hanya dirasakan masyarakat perkotaan tapi juga masyarakat desa sepanjang wilayah pedesaan memiliki akses internet.

Perkembangan penggunaan data Telkomsel untuk wilayah Kalimantan sangat pesat bahkan daerah-daerah terpencil sudah difasilitasi dengan jaraingan 4G mengingat semakin tingginya pertumbuhan penggunaan data.

“Pengguna data terbanyak ada di aplikasi game. Penggunaan data itu untuk main game, disusul video, music, value service. Game itu 50 persen, game ada free fire, PUBG, GTA, Mobile Legend, Industry game sangat besar,”beber GM Customer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo didampingi Deni Eko Harwanto Manager Channel Operations Kalimantan, Yanuar Wisaksono Manager Branch Balikpapan dan Anwar Sadat Perwakilan Mitra AD Telkomsel dalam sosialisasi Program Mahakam Mkios data handalan Kalimantan, di kantor Telkomsel Regional Kalimantan, Jumat sore (9/8/2019).

Penggunaan data untuk game yang ternyata justru penggunaan terbanyak ada di daerah pedesaan atau wilayah pedalaman.

Ismu menyebutkan Ismu  pertumbuhan data  di Kalimantan jutru luar biasa.  Permainan game yang justru banyak digunakan di pedesanan merupakan indikator era digital bahwa antar kota – desa sudah sama.

Bahkan untuk wilayah Papua, Sulawesi, Kalimantan penggunaan game terbesar di ada di kabupaten Kota Waringin, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Ngak kita kira permain game ada di Kalimantan. Gamer terbesar kota Waringin Pangkalan Bun. Game itu hiburan utama mereka yang bekerja di sawit-sawit.  Kota Banjarmasin kalah penggunanya,” ungkap Ismu dalam

Tingginya pengguna aplikasi game ini karena tidak banyak kegiatan mereka lakukan selain bekerja di sector perkebunan.

Ismu menyebutkan bahwa wilayah desa yang jauh dari hiburan memicu penggunaan aplikasi hiburan ini sangat diminati.  Di samping penggunaan data untuk permain game  juga penggunaan data telkomsel banyak digunakan transaksi perbankan (value service), conten media sosial dan keperluan lainya.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna Telkomsel sejak Mei lalu sudah melayani pelanggan dengan jaringan 4G

“ di Long bangun Mahalu pengguna dilayani fiber optik sudah ada 4G baru Mei kemarin,” ungkap Deni Eko.

“Pemanfaatan di desa untuk broadband data makin tinggi.  Mmembeli kuota yang kita tawarkan sesuai kebutuhan customer,” tambah  Deni.

Untuk menjaga loyalitas penggunaanya terutama kalangan gamer, Telkomsel Kalimatan juga memfasilitasi kesukaan mereka bermain game termasuk di Balikpapan yang setiap harinya memfasilitas hobi pelayanan bermain game di Pasar Segar, Balikpapan.

“Kita tiap kota ada oven room setiap hari. Misalnya di Samboja tiap hari kita oven room free fire untuk main game. kita juga kerjasama dengan publisher game dan memudahkan customer itu ada didunia game Telkomsel  itu bisa kasih beli produk untuk game,” ujarnya.

Penggunaan game ini katanya makin besar. “Semakin terisolir penggunaan game ini makin besar. Biasanya pengguna game ini anak sekolah, pekerja-pekerja, ya anak mileniallah,”tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

4 Sekolah di Samarinda Terapkan Diseminasi Program PINTAR

SAMARINDA, INIBalikpapan.com — Berkat  motivasi dari dosen-dosen Universitas Mulawarman, empat sekolah dasar Katholik di Samarinda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.