Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Dewan Dorong Pemkot Terapkan Laskar Pajak Tahun Ini
M. Taqwa

Dewan Dorong Pemkot Terapkan Laskar Pajak Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan mendorong Pemerintah Kota untuk mengadopsi terobsan yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu yakni dengan melibatkan masyarakat melalui Laskar Pajak yang telah diterapkan Pemerintah Kota Makassar dalam dua tahun terakhir dan terbukti mampu meningkatkan PAD.

“Terobosan di sana itu sangat baik untuk diterapkan karena membantu kinerja pemerintah. Nanti coba diadopsi secara bertahap mulai tahun ini,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan Muhammad Taqwa .

Dia mengungkapkan, pihaknya telah dua kali berdiskusi dengan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) untuk mempersiapkan regulasi dan infrastruktur penunjang.

“Jadi, Laskar Pajak ini melibatkan pihak ketiga atau masyarakat untuk proaktif turun ke lapangan. Di Makassar sudah berjalan dua tahun dan PAD-nya tahun lalu mencapai Rp900 miliar, targer 2019 Rp1,3 triliun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Laskar Pajak bukan saja akan meningkatkan PAD, tapi juga akan membuat wajib pajak menjadi taat pajak. Disamping itu juga akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Bayangkan saja, satu titik objek ditongkrongi oleh Laskar Pajak sehingga menjadi tertib pajak,” sebutnya.

Apalagi lanjutnya, beroperasinya Bandara APT Samarinda juga bisa berdampak pada PAD. Karenanya Pemerintah Kota Balikpapan harus banyak melakukan inovasi untuk menyokong PAD.

“Kemarin kan terlalu percaya diri karena menjadi gerbang tunggal untuk Kaltim. Sekarang tidak lagi, sudah terbagi. Makanya kami juga melakukan inventarisasi setiap potensi mulai dari tempat hiburan sampai kuliner,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.