Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Dewan Setuju Subsidi Uang Masuk Sekolah Bagi Siswa SMP Swasta
Ketua DPRD Kota Balikpapan

Dewan Setuju Subsidi Uang Masuk Sekolah Bagi Siswa SMP Swasta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan akan membiayai uang masuk atau biaya pembangunan bagi khususnya bagi siswa SMP yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Menurutnya, pada 2017 juga mereka siswa yang tidak diterima di SMP negeri juga ditanggung uang masuk ke sekolah swasta. Rencanannya anggaran tersebut, dialokasikan dalam APBD Perubahan Kota Balikpapan 2019.

“Separohnya uang muka, besarannya sudah pernah kami lakukan juga ya tahun 2017 juga sudah pernah kami subsidi. Kalau bantu tidak 100 persen , paling maksimal 50 persen, minimalnya bisa 30 persen,” ujarnya

Dia mengungkapkan kebijakkan itu untuk menyamakan hak dengan siswa yang diterima di SMP negeri, meskipun subsidi yang diberikan tidak 100 persen. Namun minimal bisa meringankan beban orangtua.

“Untuk mkenyamakan haknya lah yang negeri dan swasta, maka rencana kami juga akan memberikan bantuan subsidi kepada siswa yang tidak bisa masuk ke negeri,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga akan menelusuri, terkait melonjaknya jumlah peserta  PPDB tahun ini melalui jalur gakin. Karena berdasarkan data Dinas pendidikkan meningkat hingga 400 persen dari tahun sebelumnya..

“ini justru yang perlu kita pantau ulang, kok ini meningkat. apakah ini gakin yang asli atau memang sering dengan penduduk yang datang ke Balikpapan kebetulan gakin semua. Kita akan kaji semua antara DPRD dan Pemkot,” ujarnya

Disamping itu lanjutnya, seluruh Fraksi DPRD juga sepakat akan mengalokasikan anggaran untuk membangun rombel maupun sekolah baru. Khususnya diwilayah yang memang sangat minim jumlah sekolah negeri.

“Karena hampir 3 ribuan lebih kalau perhitungan kemarin (over kapasitas) dari daya tampung yang ada, Jadi insya Allah kami akan mensuport menambah rombel baru SD, SMP yang over kapasitas,” ujarnya

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Sebanyak 302 Life Jaket Dibagikan Kepada Motoris Spead Boat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas  I Balikpapan bekerjasama dengan PT. Pelindo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.