Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Dewan Usulkan Pemutihan IMB
rumah murah Jokowi (koran-jakarta.com)

Dewan Usulkan Pemutihan IMB

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan mengusulkan pemutihan ijin mendirikan bangunan IMB untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Usulan itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Budiono.

“Jadi salah satu wacana peningkatan PAD itu adalah pemutihan IMB. Kita programkanlah, untuk pemutihan IMB,” ujar Budiono.

Menurutnya hingga kini rata-rata rumah warga khususnya yang berada dalam gang banyak yang belum memiliki IMB. Karena itu dengan program pemutihan  IMB warga yang rumahnya berada di dalam gang mau mengurus IMB.

“Rumah-rumah yang di dalam gang yang selama ini belum punya IMB, kita kasih program pemutihan, tidak perlu bayar dendanya hanya membayar administrasi waktu mengurus IMB awal saja,” ujarnya.

“Masuk aja di rumah yang ada di gang gang itu belum ada sama sekali. Mungkin kan orang terpikir mahal  gambarnya desainya padahal gak,” katanya.

Dia mengungkapkan, warga tidak perlu khawatir soal biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat denah atau desain gambar rumah jika mengurus IMB. Karena akan difasilitasi instansi terkait yakni Dinas Perumahan dan Pemikuman Balikpapan.

“Itu kan desai gambarnya segala macam, nanti sudah ada fasilitas dari Dinas yang terkait. Jadi maksud saya ketika IMB  diputihkan semua masyarakat mengurus , satu tujuannya untuk menertibkan bangunan,” jelasnya.

“Yang kedua ketika IMB sudah diurus, semua sudah punya IMB semua, tahun next nya Kan PBB ada kenaikan dari situ kan. Dari situ PBB ada kenaikan tujuannya adalah peningkatan PAD,” katanya.

Selain itu lanjutnya, IMB juga menjadi syarat utama jika ingin mendapatkan pelayanan air bersih PDAM berdasarkan aturan. Karena itu Budiono mendorong agar Pemerintah Kota Balikpapan segera membuat kebijakan tersebut.

“Salah satu syarat juga pemasangan PDAM kan ada SK Wali Kota itu terobosan, saya pikir selama ini belum ada. Jadi ketika ada programnya pemutihan IMB , masyarakat tidak perlu bayar dendanya hanya bayar adminsitrasi awalnya saja,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Terdampak Dampak COVID-19, Angkasa Pura I Balikpapan Bagikan 355 Sembako ke Sopir dan Porter

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Penurunan pendapatan yang dialami Angkasa Pura Balikpapan tidak menyurutkan kepedulian managemen terhadap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.