Home / iniFLASH / DLH berharap UPT Pantai Manggar Punya Truk Sampah Sendiri
Pengunjung Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. (foto: Andi A)

DLH berharap UPT Pantai Manggar Punya Truk Sampah Sendiri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan berharap, Unit Pelaksana Tekhnis (UPT)) Pantai Manggar menggunakan armada sendiri untuk mengangkut sampah di obyek wisata tersebut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA).  

“Karena secara administrasi juga agak sulit kalau truk DLH ini digunakan UPT. Apalagi bahan bakar juga dari anggaran DLH,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto.

Menurut Suryanto, saat ini pihaknya mengambil alih pengangkutan sampah dari Pantai Manggar karena karena minimnya armada truk pengangkut sampah. Wisata Pantai Manggar memang dikelola Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan. .

“Kami yang atur, yang buang sampah di pantai Manggar juga kami angkut. Ini kan antara saya dengan Diaporapar, sama-sama dibawah pemerintah kota. Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan penggunaan truk sampah ini,” ujarnya.

“Tujuannya agar DLH juga bisa menggunakan untuk pengangkutan sampah yang lain. Kalau di UPT kan hanya sebatas pengangkutan sampah di Pantai Manggar saja. Setelah sekali digunakan, truk hanya terparkir,”

Kata dia, sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata. Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan aset yang ada. Apalagi memang pada masa libur lebaran volume sampah meningkat.

“Kami juga melayani pantai Manggar. Saya juga sudah koordinasikan dengan Disporapar, kami juga yang mengantar sampahnya dari lokasi wisata ke TPA,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Kasus ISPA Tertinggi Ada di Sepinggan Baru

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com— Berdasarkan laporan dan hasil analisa kejadian ISPA 2018 dengan 2019  pada September ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.