Home / iniFLASH / Dua Tahun Predikat Madya, Balikpapan Raih Predikat Nindya Menuju KLA

Dua Tahun Predikat Madya, Balikpapan Raih Predikat Nindya Menuju KLA

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk meraih predikat Nindya Menuju Kota Layak Anak (KLA) tidak mudah untuk Kota Balikpapan, karena diperlukan komitmen untuk suatu kota dalam memenuhi hak dan perlindungan anak.

Pada peringatan Hari Anak Nasional, Balikpapan berhasil meraih predikat Nindya Menuju Kota Layak Anak. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise di Makassar kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Makassar, Selasa malam (23/7/2019).

“Sampai kita mendapatkan Nindya Menuju Kota Layak Anak, saya pikir itu nilai komposit dari keseluruhan 24 indikator yang ada karena setiap indikator ada bobot penilaiannya. Untuk menuju kota atau kabupaten layak anak itu tidak mudah karena ada tahapan tangga penilaian,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan Sri Wahyuningsih, Rabu (24/7/2019).

Adapun indikator penilaian katanya, terdapat 24 indikator penilaian dalam 5 kluster dan 1 unsur kelembagaan terkait KLA. “Sampai kita mendapatkan Nindya Menuju Kota Layak Anak, saya pikir itu nilai komposit dari keseluruhan 24 indikator yang ada karena setiap indikator ada bobot penilaiannya. Untuk menuju kota atau kabupaten layak anak itu tidak mudah karena ada tahapan tangga penilaian,” ungkapnya.

Tahapan tangga penilaian yang dimaksud adalah tahap Inisiasi untuk berkomitmen wujudkan kabupaten/kota nya Menuju KLA. Selanjutnya strata Pratama, Madya, Nindya kemudian Utama dan terakhir dengan poin tertinggi Kota/Kabupaten Layak Anak.

Menurut Sri Wahyuningsih, ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk hak anak yang terbagi dalam 4 bagian. Pertama yaitu perlindungan khusus anak dari tindak kekerasan, terorisme, penanggulangan bahaya dan stigmanisasi pelabelan pada anak.

“Kluster kedua itu meliputi bagaimaa bisa menurunkan angka penikahan dini. Ketiga, pemenuhan hak di bidang kesehatan. Keempat, bagaimana seluruh anak di daerah kab/kota bs mengakses wajib belajar 12 tahun dan klaster perlindungan khusus,” tandasnya.

Selain berhasil memperoleh predikat Nindya Menuju KLA, Balikpapan juga meraih terbaik kedua kategori SD/MI sebagai Sekolah Ramah Anak yaitu SDN 003 Kecamatan Balikpapan Kota, dan terbaik ketiga kategori SLB diraih SLBN.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Ciptakan Murid Kritis, Analitis dan Kreatif Guru Harus Mengajar dengan Metode Pembelajaran Aktif

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan harus menggunakan metode …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.