Home / iniFLASH / Empat Kota Alami Pemadaman Beberapa Jam, PLN Gunakan Sistem Kelistrikan Lokal

Empat Kota Alami Pemadaman Beberapa Jam, PLN Gunakan Sistem Kelistrikan Lokal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Listrik di empat Kota yakni Balikpapan, Samarinda, Tenggarong dan Bontang sejak Kamis malam (05/04/2018) tepatnya pukul 21.03 wita mengalami pemadaman.

Hal ini disebabkan adanya gangguan pada sistem Kelistrikan Mahakam yang diduga terjadi pada jalur transmisi 150 kV pada line GI Embalut-Tengkawang sehingga berdampak pada hilangnya daya bagi pelanggan di Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, dan Bontang.

Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Kaltimra Wijayanto Nugroho mengatakan pihaknya sedang mengatasi gangguan ini yakni menerjunkan tim ke lapangan guna melakukan penelusuran dan pengamanan pasca terjadinya gangguan tersebut.

” Secara Paralel, sembari melakukan penelusuran, PLN tengah mengupayakan penormalan dengan cara membentuk sistem kelistrikan island atau sistem kelistrikan lokal pada masing-masing daerah yakni Balikpapan, Bontang dan Samarinda,” jelasnya (6/4/2018).

Pihaknya terus memberikan perkembangan kondisi yang terjadi kelistrikan Sistem Mahakam.

Nano sapaan akrab Wijayanto Nugroho menjelaskan proses pemulihan Sistem Kelistrikan Mahakam pasca gangguan transmisi 150 kV pada jalur Embalut – Tengkawang yang terjadi pada pukul 21.03 WITA (05/04) dilakukan dengan membangun sistem kelistrikan secara bertahap melalui pengecekan peralatan pembangkit dan Gardu Induk (GI) agar tetap sesuai SOP keamanan yang berlaku.

“Proses selanjutnya adalah secara bertahap memasukkan suplai daya listrik dari beberapa mesin pembangkit PLN. Untuk informasi, saat ini kami tengah mengoperasikan pembangkit diesel pada sistem lokal (island) di Balikpapan, Samarinda, dan Bontang sebagai upaya agar tegangan pada GI bertahap normal kembali,”jelasnya.

“Apabila sistem island yang kami upayakan telah sinkron, maka masing-masing GI secara bertahap akan mengalirkan tegangan. Proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar.
pukul 23.30 WITA beberapa Gardu Induk sudah dalam kondisi bertegangan, yakni GI Karang Joang dan GI Manggarsari,” sambungnya.

Namun diinformasikan saat ini posisi suplai daya pembangkit belum semuanya dapat tersalurkan melalui transmisi sehingga Balikpapan, Samarinda dan Bontang masih mengalami padam.

Di wilayah Balikpapan khusus kecamatan Balikpapan Tengah dan kota pukul 01.30 wita Jumat dinihari listrik sudah menyala. Sejumlah wilayah juga sudah dapat menikmati listrik dengan sistem kelistrikan lokal.

” Saat ini semua GI sudah bertegangan dan sedang dalam tahap proses sinkron,” tandasnya

Atas padamnya listrik, PLN menyampaikan permohonan maaf kepadamu pelanggan.

“Mohon doa dan dukungan agar dalam proses pemulihan ini dapat berjalan lancar dan aman. Setiap perkembangan dan progres pemulihan akan kami informasikan kembali secara bertahap,” ucapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Bawaslu Balikpapan Ajukan Rp11 Miliar, 50 Persen lebih Untuk Honor Petugas Pengawas Pilwali

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com— Bukan hanya KPUD mengusulkan kenaikan honor petugas PPK (kecamatan ) dan PPS (kelurahan), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.