Home / IniEKONOMI / Hadapi MEA, Pengusaha Balikpapan Harus Bersinergi: Ahmad Betawi
Ahmad Betawi - Ketua Forum Pengusaha Balikpapan. Foto: setiyono

Hadapi MEA, Pengusaha Balikpapan Harus Bersinergi: Ahmad Betawi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua Umum Forum Pengusaha Balikpapan, Ahmad Betawi berharap para pelaku usaha bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean. Hal ini untuk melindungi keberadaan para pelaku usaha dari kemungkinan masuknya pemodal asing yang memiliki kekuatan besar di bidang permodalan.

“Terus terang saja masih banyak pengusaha belum siap menghadapi MEA. Karena itu kami harus menggalang kekuatan. Apalagi selama ini pemerintah belum secara tegas menghubungkan program-programnya dengan MEA,” kata dia. Menurutnya, sinergi dan sosialiasi adalah hal paling krusial untuk dilakukan pemerintah.

Anggotanya dari berbagai kalangan. Foto: setiyono
Anggotanya dari berbagai kalangan. Foto: setiyono

Pengusaha bidang konstruksi ini menganggap, selama ini pemerintah hanya melakukan sosialisasi secara global. “Yang kita dengar ya cuma MEA, tanpa tahu  secara implisit. Apakah akan dilakukan di segala bidang atau di bidang tertentu saja macam kesehatan atau konstruksi,”jelasnya.  Hal ini yang menjadi sumber kegalauan pelaku usaha. A[alagi belum jelas soal aturan di skala ASEAN.

Menghadapi kenyataan ini, pelaku usaha tak tingal diam. Mereka melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan memperkuat jaringan. “Atas dasar itu kami coba kumpulkan rekan-rekan pengusaha yang lebih berpengalaman untuk membantu rekan-rekan lainnya”. Ia berharap forum pengusaha Balikpapan emndapat kesempatan berdialog resmi dengan pemerintah untuk bersinergi.

“Selama ini pemerintah juga kekuragan tenaga agar fokus di sektor ekonomi, masih terpecah belah. Makanya kami sambut bola, dengan full time,” kata dia.

Di Balikpapan saat ini tercatat tiga ribu orang pengusaha di berbagai bidang, mencoba galang kekuatan setulus hati, ingin jadi tuan rumah di kota sendiri. “Kami ingin jadi bapak angkat bagi pelaku uaha yang baru memulai. Kami back up untuk mandiri,” kata dia.

 

Nama:               Ahmad Betawi

Tempat lahir:     Balikpapan, 24 NOVEMBER 72

Organisasi:

Ketua Gabungan Kontraktro, Kelistrikan Dan Mekanikal Indonesia

Ketua Pengcab Wushu Balikpapan

Ketua Ikatan Pemuda Karya Balikpapan

Wakil Ketua dii KNPI Kota Balikpapan

Ketua Forum Pengusaha Balikpapan

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

Tahun Ajaran Baru, Bazma RU V Pertamina Balikpapan Bantu 300 Paket Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com—Sekitar 300 anak-anak mendapat bantuan paket perlengkapan sekolah dari Pertamina  Refinery Unit V Balikpapan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.