Home / iniFLASH / Hanya Dua Jam Perjalanan, 2019 Pulau Balabalagan Ditargetkan Ramai Dikunjungi Wisatawan
Direktur Operasional Balikpapan Tourism Board, Joko Purwanto

Hanya Dua Jam Perjalanan, 2019 Pulau Balabalagan Ditargetkan Ramai Dikunjungi Wisatawan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pulau Balabalagan terus dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Hal itu disampaikan Direktur Operasional Balikpapan Tourism Board, Joko Purwanto

Meski secara administrasi masuk wilayah Sulawesi Barat, namun untuk menuju kepulauan yang berada di Selat Makassar, lepas pantai timur Kalimantan itu lebih dekat melalui Kota Balikpapan.

“Targetnya ada penerbangan langsung dari China ke Balikpapan, kemudian transportasi kapal dari sini ke pulau Balabalagan. Dari Balikpapan diperkirakan hanya dua jam meskipun pulau itu masuk wilayah Sulawesi Barat,” ujarnya.

Joko pun menargetkan 2019 pulau yang terletak diantara Kalimantan dan Sulawesi itu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga akan berdampak postif bagi jumlah tingkat hunian di Kota Balikpapan.

“Kalo itu bisa dikembangkan pariwisatanya akan tumbuh dari okupansi hotel dan lainnya. Target 2019 sudah bisa jalan maka Balikpapan akan ramai, akan meningkat 200 persen,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini salah satu yang menjadi destinasi dan banyak dikunjungi wisatawan khususnya dari mancanegara yakni Pulau Derawan yang juga tak kalah dengan Bali.

“Kunjungan wisatawan mancanegara tetap naik tapi beralih ke Pulau Derawan. Dulu tahun 1990 an banyak ke pedalaman. Pengunjung dari Eropa masih sangat potensi dan Asia,” ujarnya.

Meski begitu, Joko juga menyayangkan kurangnya promosi yang dilakukan pemerintah daerah dirasa masih sangat kurang. Padahal Kaltim
maupun Kota Balikpapan, memiliki banyak obyek wisata.

Padahal salah satu cara untuk meningkat kunjungan wisatawan adalah dengan melakukan promosi. Karena sector pariwisata salah satu yang mendongkrak pendapatan daerah.

“Banyak potensi destinasi tapi promosi kurang. Padahal pendapatan anggaran paling besar dari pariwisata tetapi anggaran promosi wisata kurang. Bagaimana kalo promosi kurang, lihat daerah lain promosinya sangat gencar,” ujarnya.

Kata Joko, harusnya dengan obyek wisata yang lengkap, harusnya didukung dengan promisi yang besar-besaram. Apalagi, Kota Balikpapan juga merupakan pintu gerbangn Kaltim

“Posisi Balikpapan ini samahalnya Bali dan Yogya yang menjadi pintu gerbangnya destinasi sekitarnya,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Penyidik Tipikor Bawa Empat Box Dari Kantor DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Penyidik dari Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim membawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *