Home / IniEKONOMI / Harga Melonjak, KPPU Balikpapan Waspadai Rantai Distribusi
Pelaksana Tugas Wali Kota Balikpapan rahmad Mas'ud didampingi muspida saat melakukan sidak ke pasar trandisoonal Klandasan

Harga Melonjak, KPPU Balikpapan Waspadai Rantai Distribusi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai jika stok barang aman, harusnya harga tidak mengalami kenaikkan signifikan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Balikpapan Abdul Hakim Pasaribu.

“Kalau pasokan itu cukup, seharusnya harga pangan sampai kepada end user atau konsumen itu tidak bermasalah, atau tidak mengalami kenaikan yang signifikan,” ujarnya.

Menurutnya, jika ada kenaikkan harga secara tiba-tiba, kemungkinan karena ada distributor nakal yang coba mempermainkan harga dengan membatasi distribusi. Pelaku bisa dikenakkan pidana karena melakukan praktek kartel.

“Kalau ada kenaikan harga bisa berarti ada orang yang mencoba bermain-main di rantai distribusi yang mengarah ke praktek kartel ataupun tindak pidana,” ujarnya

Karenanya lanjut dia, menjadi tugas dan fungsi KPPU untuk mengawasi jalannya distribusi pangan di Balikpapan agar sesuai dengan prinsip persaingan usaha yang sehat. Sehingga, fluktuasi harga masih dalam tahap yang wajar.

“Fokus kami tidak hanya untuk penegakan hukum, tapi langkah preventif memanggil distributor dan melakukan warning, atau mendorong Bulog supaya lebih aktif melakukan operasi pasar,” ujarnya.

KPPU berharap langkah ini dapat meminimalisir munculnya distributor nakal yang mencoba melakukan praktek kartel Dengan demikian, harga pangan di saat bulan Ramadhan maupun menjelang lebaran Idul Fitri tidak mengalami fluktuasi harga yang tinggi

Comments

comments

About glen

Check Also

Anak 8 Tahun dan Remaja Putri 17 Tahun Berstatus PDP di Kutim

SAMARINDA, Inibalikpapan – Satu anak perempuan usia 8 tahun asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berstatus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.