Home / iniFLASH / Hari Pencoblosan Disdukcapil Tetap Melayani Suket
Warga yang sedang menunggu perekaman E-KTP di Balikpapan.

Hari Pencoblosan Disdukcapil Tetap Melayani Suket

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk memberikan kesempatan warga agar bisa menggunakan hak pilihnya, Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan tetap melayani masyarakat untuk perekaman pada 17 April 2019 atau bertepatan saat pencoblosan. Meskipun itu hari libur.

“Nah kita memfasilitasi suapaya mereka bisa menyalurkan hak pilihnya. Makanya sampai tanggal 17 kan libur nasional, kami pun buka kantor,” ujar Pelaksana Tugas Disudukcapil Kota Balikpapan Hasbullah Helmi.

Bahkan mulai 6 April lalu, Sabtu dan Minggu Kantor Disukcapil tetap buka dan petugas selalu siap untuk melayani warga yang ingin melakukan perekaman e-KTP sehingga bisa mendapatkan surat keterangan (suket) untuk digunakan mencoblos.

“Prinsipnya mulai tanggal 6 jadi sudah tidak ada libur lagi sabtu – minggu, kita menghadapi menyiapkan hari libur itu untuk perekaman. Karena hasil keputusan MK kan dengan suket saja boleh mencoblos,” ujarnya.

“Suket itu boleh terbit syaratnya hanya merekam, sehingga supaya masyarakat ini boleh merekam kapanpun sehingga kami buka di hari Sabtu dan Minggu, itu jam nya 08.00 – 12.00 Wita,”

Sementara saat libur Sabtu – Minggu pekan kemarin, sebanyak 27 orang melakukan perekaman. Sehingga hingga kini warga Kota Balikpapan yang telah melakukan perekaman angkanya mencapai 98,2 persen dari 348 ribu.

“Prinsipnya yang belum melakukan perekaman sisa 6.200 orang dari sekitar 348 ribu, jadi angka yang sudah merekam itu 98,2 persen jadi tinggal 1,8 persen,” ujarnya.

“Rata-rata jam pelayanan jam 08.00-14.00 wita kalau hari biasa , rata-rata per hari yang merekam itu angkanya di 70-90 orang. Kemudian yang kita cetak KTP nya itu rata-rata diangka 600-800 KTP per hari yang kita cetak,”

Dia menambahkan, khusus untuk yang perubahan data atau e-KTP nya rusak maupun hilang, bisa ditunggu karena e-KTP nya langsung jadi. Sementara yang baru melakukan perekaman, esoknya e-KTP  nya sudah bisa diambil.  

“Kalau yang cuma ada perubahan data, hilang atau rusak itu ditungguin langsung jadi, langsung selesai. Alhamdulilah sampai sekarang tidak ada permasalahan jaringan alat kita semua bagus, kemudian sekarang pun kalau sudah rekam maka besok KTP nya langsung selesai,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

PHM dan Elnusa Bentuk Konsorsium Penyedia Jasa Comenting di Delta Mahakam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) bersinergi dengan PT Elnusa membentuk konsorsium dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.