Home / iniFLASH / Hari Terakhir Mendaftar dan Tak Memenuhi Jumlah Dukungan, Langsung Gagal
Noor Toha

Hari Terakhir Mendaftar dan Tak Memenuhi Jumlah Dukungan, Langsung Gagal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – KPU Kota Balikpapan mengimbau pasangan calon yang akan maju melalui jalur independen agar mendaftar lebih awal. Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha.

Sesuai tahapan pilkada Balikpapan, pendaftaran untuk jalur independen mulai 19-23 Februari 2020. Toha pun mendorong pasangan calon agar mendaftar pada 19 Februari. Bukan pada akhir-akhir pendaftaram

“Makanya harapan kami calon dari jalur independen itu ayo datang tanggal 19 Februari ini,” ujarnya

Sehingga kata dia, jika ada kekurangan jumlah dukungan sehingga masih bisa diperbaiki. Karen ketika mendaftar di hari terakhir, lalu ternyata tidak mencukupi jumlah dukungan minimal dan sebaran, maka akan langsung gugur.

Karena pasangan calon tidak memiliki waktu lagi untuk mempebaiki kekurangan jumlah dukungan maupun sebaran. Sesuai persyaratan, pasangan calon yang maju melalui jalur independen minimal menyerahkan sebanyak 39.450 dukungan dengan sebaran minimal di empat kecamatan.

“Jadi mendafatar lebih cepat, biar kami hitung jumlahnya. Dalam hal kurang, diperbaiki tanggal 20 Februari bisa, tanggal 21 Februari bisa, tanggal 22 Februari bisa,” ujarnya.

“Tapi kalau sudah masuk injury time, tanggal 23 jam 11, jam 12, begitu kami hitung tidak memenuhi kecukupan hitungan minimalnya, sudah barang tentu itu wasalam, selesai,”

“Dukungannya harus memenuhi minimal dan sebaran. Kalau dukungan tidak memenuhi angka minimal dan sebaran , sudah barang tentu ditahap penyerahan dukungan di tanggal 23 itu sudah selesai, tamat,”

Dia menambahkan, jika ada pasangan calon yang tidak puas dan menggugat tidak terima dan menggugat keputusan KPU Kota Balikpapan, Toha menuturkan, akan sia-sia, karena tahapan pilakada sudah sesuai aturan.

“Nah ketika bakal calon itu menggugat sudah tentu itu lemah sekali,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Anak 8 Tahun dan Remaja Putri 17 Tahun Berstatus PDP di Kutim

SAMARINDA, Inibalikpapan – Satu anak perempuan usia 8 tahun asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berstatus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.