Home / iniFLASH / Hasil Rapat Pleno, Jumlah Pemilih Balikpapan Berkurang
Rapat Pleo KPU Balikpapan

Hasil Rapat Pleno, Jumlah Pemilih Balikpapan Berkurang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hasil rapat pleno KPU Kota Balikpapan hingga Senin (12/11) malam, jumlah pemilih berkurang sekitar 1000 pemilih dari sebelumnya 424.561 h menjadi 423.470. Hal itu disampaikan Ketua KUP Kota Balikpapan Noor Toha.

“Pemilih dalam DPT (daftar pemilih tetap) yang kita tetapkan bulan Agustus 2018 kemarin itu 424.561 sekarang menjadi 423.470 berarti ada penurunan sekitar 1000,” ujar Noor Toha.

“Kenapa seperti itu karena hasil temuan dari teman-teman itu bahwa betul ada pemilih baru tapi ada juga pemilih tidak memenuhi syarat , bisa jadi karena meninggal bisa jadi karena pindah, bisa jadi karena memang dibawah umur da lain sebagainya,”

Menurutnya, hasil rapat pleno tersebut, sekaligus menjawab bahwa ada sekitar 72 ribu pemilih yang bermasalah maupun tidak masuk dalam DPT dari sekitar 31 juta seluruh Indonesia seperti yang disampaikan partai politik.

“Itu ada temuan (partai politik) sekitar 31 juta secara nasonal itu pemilih belum masuk DPT, di Balikpapan itu itu ada sekitar 72 ribu, bahkan oleh beberapa pihak itu belum masuk dalam DP4 kenyataannya tidak seperti itu,” ujarnya.

Dia meambahkan, dari sekitar 72 ribu itu, sekitar 78 ribu sebenarnya sudah masuk DPT. Bahkan justru dari hasil verifikasi jumlah pemilih berkurang karena pemilih yang tidak memmenuhi syarata diantaranya pemilih dibawah umur.

“Nah setelah kita lakukan singkronisasi, kita lakukan pencermatan ada 68 ribu sekian hamper 69 ribu itu sudah masuk DPT data aktif,” ujarnya.

“Nah selebihnya itulah ada data ganda ada data tidak valid, ada data orang meninggal, pindah tidak lapor, kemudian ada pemilih dibawah umur dan sebagainya. Jadi itu tidak benar, kita bisa buktikkan dari 72 ribu diturunkan di Balikpapan ternyata 68 ribu itu aktif.”

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Sidak Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tim Gabungan Satgas Pangan Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Disdag Kaltim dan Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.