Home / iniFLASH / Hujan Tak Turun Hingga Oktober, Distribusi Air PDAM Bakal Giliran
Air baku tadah hujan di Waduk Manggar

Hujan Tak Turun Hingga Oktober, Distribusi Air PDAM Bakal Giliran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Warga Balikpapan mesti bersiap-siap, jika hingga Oktober 2019 hujan tak juga turun, kemungkinan distribusi air bersih akan dilakukan secara bergiliran. Hal itu untuk menjaga pasokkan air baku di Waduk Manggar.

“Hanya saja nanti jika level sudah mencapai 5 meter, maka kami akan berupaya untuk menjaga usia waduk dengan melakukan pemadaman bergiliran. atau bisa juga dengan melakukan pengaliran menggunakan mobil tangki,” ujar Direktur Teknik PDAM Balikpapan, Arief Purnawarman.

Akibat kemarau dalam beberapa bulan terakhir, menyebabkan ketinggian air di Waduk Manggar terus menyusut. Saat ini ketinggian air di Waduk Manggar mencapai 9,21 meter. PDAM mengklaim masih  mencukupi hingga Januari 2020.

“Mudah-mudahan sesuai perkiraan BMKG bulan Oktober akan mulai turun hujan, Saat ini masih normal, masih lancar. Asal tidak terjadi gangguan seperti pipa bocor,” ujarnya.

Saat ini produksi air PDAM mencapai 1.280 liter per detik. Mengalami defisit kurang lebih sekitar 300 liter per detik. Karena memang produksi air baku Waduk Manggar saat ini memang masih sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan seluruh Balikpapan.

“Untuk tambahan di wilayah Balikpapan Timur, yaitu di sekitar Teritip, pihaknya sedang dalam proses pengaliran dari waduk Teritip. Tapi ini juga belum mencukupi. Jadi total yang diperlukan bisa mencapai 1.400-1.500 liter per detik,” ujarnya.

“Apalagi waduk teritip itu dijalankan dengan operasi yang masih belum optimal. Karena dalam pengaliran kami masih menunggu pipa primer, lalu juga pipa sekunder. Kondisi pengaliran air normal.”  t

Comments

comments

About glen

Check Also

PSM Harusnya Menang WO Atas Persebaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  Pelatih PSM Makassar Darije Kalezić  pasrah ketika pemainnya harus melakoni laga tunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.