Home / iniFLASH / HUT ke 104 Klenteng Guang De Mio, Warga Tionghoa Gelar Doa Bersama Agar Pemilu Berjalan Damai
Atraksi Barongsai memeriahkan HUT ke 104 Klenteng Guang De Miao Balikpapan

HUT ke 104 Klenteng Guang De Mio, Warga Tionghoa Gelar Doa Bersama Agar Pemilu Berjalan Damai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memeriahkan HUT ke 104, Klenteng Guang De Miao yang terletak di Pasar Baru Balikpapan menggelar sembahyang bersama dan hiburan tarian barongsai.

Ratusan warga Tionghoa Kota Balikpapan maupun yang datang dari Jakarta, Surabaya maupun daerah lainnya, berkumpul dan memadati salah satu Klenteng tertua di Kaltim tersebut.

Ketua Klenteng Guang De Mio, Hindro Arie Wijaya memimpin ibadah yang dihadiri Ketua Konghucu Kota Balikpapan Charles maupun sejumlah tokoh Tionghoa lainnya.

Sembahyang bersama diawali dengan menyembah Tuhan Yang Maha Esa sebanyak tiga kali, dan disusul menyerahkan persembahan hewan ternak, uang ketas, minyak, makanan dan arak.

Penyembahan juga dilakukan kepada Ta Pe Kong Ye Ye dan Dewa Dewi sebanyak tiga kali, mereka berharap, Pemilu Presiden dan Legislatif tahun ini berlangsung aman, khususnya di Kota Balikpapan.

“Warga Tionghoa berharap di Tahun Politik ini Kota Balikpapan dalam kondisi Kondusif dan pemilun serta Pilpres 2019 berjalan lancar, aman dan damai,” ujar Hindro Ari Wijaya.

Klenteng Guang De Miao berdiri pada tahun 1915. Namun pada 1942 atau ketaika Perang Dunia II, gedung kelenteng sempat hancur karena dibom pesawat tempur Jepang. Tahun 1960-an, Kelenteng dibangun lebih bagus. Kemudian direnovasi pada tahun 1976.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.