Home / iniHL / HUT ke 72 Tahun Indonesia, PDAM Balikpapan Serah Terima Pemasangan Air Bagi MBR dan Bantuan Sembako
Wali Kota Rizal Effendi bersama Dirut PDAM Haidir Effendi dan pengawas PDAM serta waarga RT 21 Jalan Manunggal Gunung Bakar penerima program MBR 2017

HUT ke 72 Tahun Indonesia, PDAM Balikpapan Serah Terima Pemasangan Air Bagi MBR dan Bantuan Sembako

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pada momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 72 tahun, PDAM Balikpapan juga melaksanakan kegiatan Simbolis serah terima Pemasangan Sambungan Air bagi Pelanggan yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Program Hibah Air Minum Perkotaan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2017, kegiatan langsung dihadiri dan diserahkan oleh Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi kepada perwakilan Masyarakat yang menerima Hibah Air Minum untuk Pemasangan Air bagi Pelanggan MBR di jalan Manunggal Gunung Bakaran Rt. 21. Sekaligus pemberian bantuan CSR sembako bagi penerima pelanggan MBR.

Walikota Balikpapan menyampaikan dengan pertumbuhan kota Balikpapan yang cukup pesat, kebutuhan air bersih dapat dipastikan terus meningkat, seiring dengan laju pertumbuhan dan perbaikan tingkat kesejaheraan masyarakat yang berdampak pada pergeseran standar mutu kehidupan penduduk.

Salah satu cara untuk meningkatkan dan menambah pertumbuhan pelanggan PDAM dengan mengikuti kegiatan progam hibah Air Minum perkotaan melalui MBR APBN 2017.

“Saya minta bapak ibu yang telah mendapat pemasangan air dapat menjaga fasilitas air ini sehingga air mengalir dengan lancar,” kata Rizal (17/8/2017)

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PDAM Balikpapan, Haidir Effendi menambahkan sejak 2015 hingga 2017, PDAM Balikpapan mendapatkan hibah untuk program air bersih bagi MBR.

“Alhamdulillah, ini untuk ketiga kalinya kita mendapat bantuan Hibah Air Minum dari Pemerintah Pusat (2015, 2016 dan 2017), di Tahun 2017 ini usulan yang kita ajukan melalui Minat Program Hibah Air Minum APBN Tahun 2017, ditujukan kepada Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dari usulan 1000 pemasangan sambungan rumah, realisasi yang diterima dan memenuhi syarat secara teknis ataupun administrasi sebanyak 813 pemasangan sambungan rumah,” bebernya.

Dengan penerimaan dana hibah dari Kementerian PUPR Cipta Karja untuk penggantian dari Penyertaan Modal Pemerintah Daerah sebesar Rp. 2,4 Miliar.

Haidir juga menambahkan diantara kemudahan yang diperoleh bagi masyarakat yang menerima Hibah Air Minum Kota Balikpapan tahun 2017 yakni pembayaran biaya sambungan baru mendapat keringanan sebesar 50% (lima puluh perseratus) dari Biaya Normal Dinas Sambungan Baru PDAM Kota Balikpapan kecuali Biaya Persil (Pipa setelah meteran) Pelanggan.

Selain  itu pembayaran dapat diangsur maksimal selama 12 bulan, dengan Total Biaya Sambungan Air MBR hanya Rp. 1.428.300,-

“Kegiatan Pemasangan Air MBR ini dilaksanakan dari Bulan Mei 2017 sampai dengan akhir Agustus 2017 dengan tersebar di 5 Kecamatan Kota Balikpapan, diantaranya Balikpapan Utara 707 Sambungan, Balikpapan Kota 38 Sambungan, Balikpapan Timur 27 Sambungan, Balikpapan Tengah 20 Sambungan dan Balikpapan Selatan 21 sambungan rumah, dengan Progres Pemasangan yang dilaksanakan sampai dengan Akhir Agustus 2017,” jelasnya.

“Sesuai kesepakatan PDAM Kota Balikpapan dengan Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Telah dilaksanakan Pemasangan 598 Sambungan Rumah, kemudian yang Masih Dalam Proses Pemasangan    sebanyak 215 Sambungan Rumah dan Total keseluruhan Pemasangan MBR tahun 2017 sebanyak 813 Sambungan Rumah,” sambungnya.

Haidir menambahkan bahwa dengan mengikuti program ini diharapkan pemerintah daerah penerima hibah dapat memanfaatkan dan melanjutkan kebijakan penambahan modal PDAM sesuai dengan kebutuhan pelayanan bagi Masyarakat Balikpapan. “ Serta dapat meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan pelayanan PDAM kepada para pelanggannya terutama masyarakat berpenghasilan rendah,”  ujarnya.

Sebelumnya, seluruh pegawai PDAM mengikuti upacara kemerdekaan RI ke 72 tahun di ruangan kantor PDAM. Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan, Haidir Effendi bertugas selaku Inspektur Upacara.

Selasai kegiatan Upacara dilanjutkan dengan kegiatan pemberian tali asih kepada pensiunan yang berdedikasi dan berkarya bersama PDAM Kota Balikpapan. “Bahwa Kemerdekaan Indonesia yang ke – 72 Tahun ini merupakan bukti nyata bahwa kemerdekaan harus diisi dengan semangat juang dan ayo kita kerja dalam membangun peradaban, khususnya semangat bagi para Pegawai PDAM Kota Balikpapan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tukasnya.

Comments

comments

About san tri

Check Also

Setiap Persimpangan Dua CCTV Dipasang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memasang dua CCTV yang memiliki fungsi berbeda di sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.