Home / iniEven / HUT TNI, Kodam VI Mulawarman Gelar Drama Kolosal

HUT TNI, Kodam VI Mulawarman Gelar Drama Kolosal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Kodam VI Mulawarman menggelar berbagai kegiatan dalam merayakan Hari TNI  ke 74. Beberapa kegiatan  yang cukup menarik perhatian warga adalah drama tari kolosal dan penerbangan paramotor.

Drama tari kolosal yang dipersembahkan para prajurit TNI bersama komunitas sanggar tari, ormas, pelajar SMA dan SMK maupun seniman, skenarionya ditulis Kasdam BI Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon dan disutradarai Yudi Valen dari Dewan Kesenian Balikpapan, dibantu musisi.

Drama kolosal ini cukup membawa emosi yang menyaksikan, untuk kembali mengingat sejarah panjang perjuangan terbentuknya TNI yang diawali dengan berdirinya BKR kemudian berubah menjadi TKR pada 5 Oktober 1945 dan TRI yang merupakan cikal bakal berdirinya TNI yang diresmikan Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947.

“Konsep drama kolosal ini skenarionya ditulis Kasdam VI Mulawarman  dengan melibatkan sebanyak 800 orang pemeran.  Drama ini menggambarkan perjuangan Bangsa Indonesia terbentuknya TNI hingga peran TNI dalam masyaraat hingga saat ini,” ujar Yudi Valen

Di sela-sela drama kolosal, juga ditampilkan kemampuan handal penjinakan bom dari tim jihandak Yonzipur 17 Ananta Dharma. Tampak menyaksikan Pangdam VI mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Selain itu di langit Balikpapan juga dimeriahkan dengan penerbangan empat penerbang paramotor dari Dandito Team yang membawa tiga lambang tiga angkatan yakni Angkatan Udara, Angkatan Darat dan Angkatan Laut serta banner HUT ke 74 TNI.

“Penerbangan yang dilakukan ini sebagai wujud kecintaan anak bangsa terhadap TNI yang selalu setia menawal NKRI,” ujar Pembina Dandito Team Rudy Setiawan.

Salah seorang pengunjung Afifah mengatakan, sangat tersentuh dengan drana kolosal yang ditampilkan dimana digambarkan pejuang bangsa saat merebut kemerdekaan yang harus berkorban harta benda hingga jiwa dan raganya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Bappenas Targetkan Draft RUU IKN Selesai Akhir Desember

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com — Pemerintah pusat pada akhir bulan ini akan menyelesaikan draft RUU Ibu kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.