Home / iniHL / Hutan Mangrove Center Salah Satu Destinasi Andalan Balikpapan

Hutan Mangrove Center Salah Satu Destinasi Andalan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Objek wisata Mangrove Center di Kawasan Graha Indah, Kelurahan Graha Indah Kecamatan Balikpapan Barat akan jadi fokus pemerintah dalam meningkat fasilitas destinasi tersebut. Hal itu terbukti di Mangrove Center kini sudah ada pos pengawasan dan patung bekantan yang dalam proses pembangunan.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan Abdul Majid menjelaskan, destinasi wisata Mangrove center merupakan destinasi yang cukup jarang ditemui dibeberapa daerah. Sehingga Mangrove Center menjadi pilihan pemerintah untuk meningkatkan fasilitas destinasi tersebut untuk menunjang kebutuhan wisatawan yang datang.

“Kita lagi mengkaji perencanaan pembangunan fasilitas-fasilitas di Mangrove Center tersebut. Tak tanggung-tanggung, langkah awal pihaknya telah menyiapkan Rp250 juta untuk membuat master plan pembangunan. Bersama DPRD kita kaji lebih jauh lagi,” ungkapnya belum lama ini.

Ia mengatakan yang akan dibangun nantinya ada restoran mini diatas air, ada gazebo juga diatas air, sehingga ketika wisatawan datang bisa menikmati pesona keindahan mangrove center.

Sementara itu, untuk menikmati indahnya mangrove center ini wisatawan diajak menyusuri sungai diatas lahan 150 hektar, menggunakan kelotok atau perahu.

Rizal salah seorang pengemudi perahu menuturkan, sekitar satu jam lebih pengunjung akan menyusuri mangrove dengan perahu yang disewa Rp300 ribu untuk 7-10 orang. “Dari perahu pengunjung akan melihat kera yang hidung mancung yakni bekantan dimana sisi kanan dan kirinya ada pohon mangrove,” bebernya.

Disebutkannya, di Mangrove Center ini ramai dikunjungi saat week end. Namun tak hanya di week end, banyak pengunjung juga datang di dihari biasa. “Yang datang di Mangrove Center ini ga hanya wisatawan domestik, ada juga mancanegara,” tutupnya.

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Pelindo VI Setuju Lokasi Jembatan Tol Dipindahkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — PT Pelindo VI Balikpapan menilai jika pembangunanjembatan tol PPU- Balikpapan tetap dilanjutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.