Home / IniEkonomi / Walikota Sebut Pertengahan Tahun, Proyek Coastal Road Dimulai. Masa Sih?
Pesisir Balikpapan nan menawn (foto: y.setiyono)

Walikota Sebut Pertengahan Tahun, Proyek Coastal Road Dimulai. Masa Sih?

BALIKPAPAN, inibalikpapan.com – Proyek pembangunan jalan pesisir atau yang lebih beken dengan proyek coastal road Balikpapan digadang mulai berjalan lagi pertengahan tahun ini. Adalah Walikota Balikpapan, Rizal Effendi yang mengumumkan rencana itu, baru-baru ini. Menurut dia, pemenang tender sudah ditetapkan pemerintah, tinggal kelengkapan perijinan. “Saya berharap pertengahan tahun ini coastal road sudah mulai dibangun karena pemenang tender sudah ditetapkan. Saat ini dalam proses melengkapi ijin,” kata Rizal Effendi.

Proyek yang digagas sejak Rizal masih berstatus wartawan itu diperkirakan menelan dana investasi Rp 5 triliun. Nilai ini terus berubah seiring dengan inflasi Kota Balikpapan. Tahun lalu misalnya, pemerintah memerkirakan nilai investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 3,2 triliun dengan infrastruktur utama berupa jalan sepanjang 7,5 kilometer dari kawasan Pelabuhan Semayang menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sedangkan lebar yang direncanakan 50 meter untuk jalan utama dan pedestrian sebagai kawasana pejalan kaki selebar 25 meter.

Kawasan rencana pembangunan. INIBALIKPAPAN/ net
Kawasan rencana pembangunan. INIBALIKPAPAN/ net

Merujuk pada data yang dilansir pemerintah Kota Balikpapan akhir tahun lalu, perusahaan pemenang tender adalah PT Sugico Graha, PT Daksa Kalimantan Putra, PT Avica Jaya, PT Pandega Citra Niaga, PT Helindo-Pico, PT Wulandhari Bangun Leksana dan PT Khairunnisa. Pembangunan Coastal Road ditargetkan selesai dalam waktu paling lama sembilan tahun.

Ketika proyek ini diluncurkan ke publik pada perayaan Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke 115, tahun 2012, Pemkot Balikpapan membentuk Badan Perencanaan Percepatan Proyek Coastal Road yang diketuai Rini Soemarno, yang saat itu belum menjadi Menteri BUMN. Bahkan pembentukan badan ini berlangsung dalam suasana meriah di halaman belakang Plaza Balikpapan. Benarkah coastal road dimulai pertengahan tahun ini? Kita tunggu saja!

About y setiyono

Check Also

Air Sungai Ampal Berubah Warna, Banyak Ikan Mabuk diduga Akibat Limbah 

BALIKPAPAN, nibalikpapan.com – Masyarakat Balikpapan yang melintas di jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel zurich dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *