Home / IniEkonomi / Ingin Pelatihan Gratis, Daftar Saja ke BLK Balikpapan Sekarang
Program pelatihan gratis dari BLK Balikpapan.(foto: syfa)

Ingin Pelatihan Gratis, Daftar Saja ke BLK Balikpapan Sekarang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Bagi anda yang ingin memiliki keterampilan dalam berberapa bidang untuk bekerja ataupun berusaha secara mandiri, kini Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Balikpapan membuka program pelatihan berbasis kopetensi tahun anggaran 2016, tanpa dipunggut biaya alias gratis.

Staf bidang pelatihan UPTD BLK Balikpapan, Ningsih.(foto: syfa)
Staf bidang pelatihan UPTD BLK Balikpapan, Ningsih.(foto: syfa)

Staf Bidang Pelatihan UPTD BLK Balikpapan, Ningsih mengatakan pendaftaran telah dibuka sejak 11 Januari 2016 lalu dan akan berakhir hingga Februari mendatang. Ada dua program pelatihan yang ditawarkan yakni institusional dan non institusional.

“Untuk program latihan institusional meliputi sekretaris, las industri, instalasi tenaga, mesin produksi, teknis refrigerasi domestik, technikal suport dan teknik kendaraan ringan,” kata Ningsih.

Sementara itu untuk program latihan non institusional, jelas Ningsih,  pelatihannya tidak di area BLK antara lain bidang menjahit, teknik bordir, audio video, hortikultura, instalasi penerangan, kecantikan rias pengantin, kecantikan rambut, operator komputer dan teknik sepeda motor.
“Calon peserta yang akan mendaftar bisa langsung datang ke kantor BLK Sepinggan, Balikpapan Selatan. Kemudian mengikuti seleksi diantaranya tes tertulis dan wawancara, pengumuman hasil seleksi, daftar ulang dan mengikuti pelaksanaan pelatihan. Semua pelatihan tidak dipungut biaya,” kata  Ningsih kepada Inibalikpapan.com Senin (18/1/2016).
PERSYARATAN PESERTA
Persyaratan peserta (foto:syfa)
Persyaratan peserta (foto:syfa)

Persyaratan calon peserta untuk program latihan institusional dengan 360, 520 dan 160 Jam Pelatihan (JPL):

1. WNI, usia 17-35 tahun,
2.Fotokopi KTP Provinsi Kaltim,
3.Fokokopi ijazah terakhir  (minimal SLTA/sederajat, pasfoto 3×4=4 lbr (background merah) 4.Mengikuti tes seleksi Matematika serta bahasa Inggris.
Persyaratan untuk Program Latihan non institusional dengan 240, 160 JPL
1. WNI, usia 17-35 tahun,
2. Fotokopi KTP Provinsi Kaltim,
3. Fotokopi ijazah terkahir – minimal SD/sederajat, pasfoto 3×4=4 lbr (background merah).
PELAKSANAAN TES DAN MAGANG
Untuk pelaksanaan tes direncanakan pada bulan Maret, dengan  jumlah perkelas hanya 16 orang per angkatan.
“Kami belum mengetahui persis berapa kelas yang akan diambil menunggu dari Provinsi,” jelas Ningsih.
Yang menarik, katanya, setelah mengikuti pelatihan para siswa akan mengikuti program magang di perusahaan.”Ada perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BLK dan kami tempatkan magang, bahkan jika siswa memiliki kemampuan bagus langsung direkrut oleh perusahaan itu,” katanya.
Di samping itu, ada juga siswa yang mencari sendiri tempat magang. Sedangkan bagi siswa program latihan non institusional bisa membuka usaha sendiri. “Ya Biasanya langsung buka sendiri,” katanya.
(Syifa)

About

Check Also

PDAM Akui Ada Kesalahan SOP Tangani Limbah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balikpapan memastikan hasil dari Investigasi Tim Pengawas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *