Home / iniFLASH / Pemkab Kukar Alokasikan Rp504 Juta Pulangkan Eks Warga Gafatar Samboja Ke Sulawesi
Inilah lokasi pertanian dan tempat tinggal warga eks Gafatar asal Sulawesi di Rt 01 Desa Karya Jaya, Samboja, Kukar (foto : andi)

Pemkab Kukar Alokasikan Rp504 Juta Pulangkan Eks Warga Gafatar Samboja Ke Sulawesi

BALIKPAPAN-Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengalokasikan anggaran sekitar Rp504 juta untuk memulangkan warga eks Gafatar Desa Karya Jaya Sambojo, ke Sulawesi Selatan.

Sebanyak 214 waga eks Gafatar akan dipulangkan pada Selasa malam pukul 22.00 menggunakan kapal Pelni KM Bukit Siguntang melalui pelabuhan Semayang Balikpapan.
“Anggaran sekitar RP504 juta kita ambil dari pos dana tak terduga. Itu untuk tiket, makan minum, tiket pendamping, BBM serta pengamanan saat pemulangan,” ungkap Humas Pemkab Kukar Dafip Haryanto dihubungi Senin sore (25/1/2106).

Dafip mengatakan proses pemulangan ini sudah dibahas pada akhir pekan kemarin. Nantinya disiapkan 10 kendaraan. “ Ada lima bus dan lima truk kita siapkan untuk mengangkut mereka dan barang-barangnya. Kita dibantu pengamanan untuk mobilisasi oleh Brimob, Polres, Kodim, Koramil, pol PP,” terangnya.

Rencana proses pemulangan dimulai pada Selasa (26/1/2016) sore pukul 17.00 Wita. “Nanti kita kawal untuk pengamanan proses mobilisasi supaya lancar tidak ada hambatan,” tambahnya.

Dia mengungkapkan dari jumlah yang terdata awalnya terdapat 227 warga asal Sulsel ini namun sudah tujuh orang pulang lebih dulu bersama keluarga. “Jadi besok ada 214 orang yang kita pulangkan,” sebutnya.

Mengenai aset eks Gafatar ini, Dafip mengatakan sementara ini akan dimaanakan oleh aparat terkait. “Itukan aset mereka kita coba amankan dulu supaya tidak terjadi apa-apa pasca pemulangan mereka. Kita tidak bongkar kita biarkan seperti itu,” ungkapnya.

Menyinggung permintaan ganti rugi atas dana yang sudah dikeluarkan untuk pembelian tanah, pembuatan bangunan dan pendukung lainya sebesar Rp1,3 miliar, Dafip mengakui hal itu juga sudah dibahas dalam rapat Muspida Kukar kemarin. “Kemarin sempat dibahas memang. Itu lagi dikaji. Kita perlu bahas soal dasar hukum penggantian. Nanti kita bicarakan lanjutannya soal itu,” tandasnya.

Sementara itu eks warga Gafatar Edwar yang juga Ketua Kelompok Tani V di desa Karya Jaya membenarkan jika Senin ini warganya mulai membenahi dan mengepak barang-barang untuk dibawa ke kampung halaman. “Ini lagi packing barang. Kita siap-siap dipulangkan informasinya besok,” tutur Edwar singkat sore ini (25/1/2016)

Dia menambahkan tidak banyak yang bisa diperbuat, selain ikut dalam proses pemulangan. Namun dia berharap ada ganti rugi bagi warga atas aset yang sudah dimiliki di Desa Karya Jaya Rt01, Kecamatan Samboja. “Kami menunggu itu. Katanya akan diganti,” tukasnya. (andi)

About andi aa

Check Also

DPRD Minta Pemkot Perioritaskan Pembangunan Kantor Kelurahan Graha Indah di APBD P 2017 atau APBD 2018

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kondisi kantor Kelurahan Graha Indah  yang tidak layak, karena sempit dan mempengaruhi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *