Home / iniFLASH / 25 Perwira Siswa Pendidikkan Regional Seskoal KKDN di Balikpapan
25 perwira siswa (pasis) pendidikan regional Seskoal angkatan ke 54 tahun 2016 saat melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Balikpapan

25 Perwira Siswa Pendidikkan Regional Seskoal KKDN di Balikpapan

Inibalikpapan.com – Sebanyak 25 perwira siswa (pasis) pendidikan regional Seskoal angkatan ke 54 tahun 2016 melakukan kunjungan ke Kota Balikpapan.

Kunjungan mereka dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) selama 9 hari di Kota Balikpapan. Termasuk melakukan kunjungan ke Markas Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan dan Kantor Wali Kota Balikpapan.

Danlanal Balikpapan Kol Laut Arief Budiman mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengetahui nilai strategis yang dimiliki wilayah Balikpapan termasuk mengetahui sumber daya nasional yang ada.

Disamping itu kata Arief Budiman, pembinaan unsur-unsur kekuatan maritim yang mendukung pemerintah daerah dan instansi lainya dalam menyiapkan pertahanan negar di laut.

“Perwira siswa ini adalah kader dan calon pemimpin angkatan laut dimasa depan khususunya dari mancanegera yang seskoal kalau lulus mereka jadi pejabat di negaranya. Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

“Industri jasa maritim yang tersedia guna memfasilitasi perbaikan dan pemeliharaan  unsur maritim, fasilitas perawatan personil yang tersedia, kondisi sosial budaya masyarakat maritim setempat serta mengetahui sikap masyarakat maritim di Balikpapan dalam berbangsa dan bela negara,”

Menurutnya, KKDN ini sama seperti kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa. Karenanya, apa yang dilakukan perwira siswa  pendidikan regional Seskoal ini selama melakukan KKDN dapat memberikan masukan kepada pemerintah daerah.

“Yang kita datangi adalah desa-desa pesisir kita mengarah kesana. Saat ini khususnya Balikpapan masih terbelakang nanti seperti apa mereka membuat daerah ini menjadi luar biasa,” tuturnya.

sementara Mayor Laut Bagus Cahya Utama Ketua Jurusan Kegiatan Forum strategi dan KKDN mengatakan, kegiatan tersebut guna mempelajari potensi-potensi yang dimiliki dalam rangka peningkatan kemampuan pertahanan wilayah laut.

Khusus KKDN ini katanya program pengabdian kepada masyarakat. Ini bagian dari pendidikan strata S2 yang sudah terakreditasi dari Dikti. Seskoal sebagai perguruan tinggi, KKDN menjadi   sebagai salah satu persyaratan dari siswa yang ikut dalam Seskoal.

About glen

Check Also

Layanan Family Protect Hadirkan Akses Internet Aman bagi Keluarga

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Untuk mendukung pemanfaatan Internet yang positif, Telkomsel bekerjasama dengan Family Zone, perusahaan asal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *