Home / iniFLASH / Pemeriksaan Keamanan Bandara, Terjunkan Anjing Pelacak Bahan Peledak

Pemeriksaan Keamanan Bandara, Terjunkan Anjing Pelacak Bahan Peledak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Angkasa Pura Sepinggan Balikpapan bekerjasama dengan Polda Kaltim melakukan penyisiran pemeriksaan bagasi penumpang dengan menggunakan tim anjing pelacak dan Bahan Peldak dari Unit K9 Polda Kaltim

Seekor anjing pelacak diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan barang-barang di bagasi kedatangan maupun keberangkatan bandara pada Jumat pagi (15/7/2016). Selain bagasi juga lakukan pemeriksaan di pintu masuk utama bandara dan Apron bandara.

Dalam pemeriksaan ini Unit K9 Ditsabara  Polda Kaltim ini menurunkan anjing pelacak spesialis bahan peledak bernama Jambo jenis Labrador dari Belanda.

“Belum ditemukan hal yang mencurigakan. Kita terjunkan anjing pelacak dari unit K9. Ini merupakan perintah dari Kapolda Kaltim sebagai antisipasi ancaman bom,” kata Bripka Budi Supardi pawang senior ( dog handler) didampingi dua pelindung dari Unit K9 Ditsabara Polda Kaltim (15/7).

Menurutnya dengan melibatkan anjing pelacak ini kerja pemeriksaan barang akan jauh lebih efektif.

“Kalau dia temukan bahan peledak. Anjing itu duduk diam. Setelah itu kita kasih mainannya,” tuturnya.

Pemeriksaan berlangsung kurang lebih satu jam di bagian barang penumpang dan 30 menit di pintu masuk bandara.

Sementara dalam pemeriksaan kendaraan masih dilakukan tugas pengamanan dalam bandara, petugas Polsek Bandara bersama personil TNI.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan dan diamankan sejumlah barang yang dilarang dibawa masuk seperti belasan cutter, gunting  pisau, batu baterai, senter yang memiliki dari strum, dan gulungan kabel serta sebuah pistol tangan air softgun.

About andi amir

Check Also

Air Sungai Ampal Berubah Warna, Banyak Ikan Mabuk diduga Akibat Limbah 

BALIKPAPAN, nibalikpapan.com – Masyarakat Balikpapan yang melintas di jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel zurich dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *