Home / iniFLASH / Balikpapan Kembali Jadi Percontohan Nasional Sistem Pengelolaan Sampah

Balikpapan Kembali Jadi Percontohan Nasional Sistem Pengelolaan Sampah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Pusat kembali menunjuk Kota Balikpapan bersama Palembang menjadi Kota Percontohan Nasional dalam Sistem Pengolahan Sampah 3R yang rencananya akan dideklarasikan September 2017

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, rencananya September tahun ini Pemerintah akan mendeklarasikannya. Ini merupakan yang ketiga kalinya Balikpapan menjadi Kota Percontohan Nasional.

Dia pun meminta dukungan seluruh masyarakat, karean seluruh Kota di Indonesia akan mencontoh sstem pengolahan sampah 3R yang dilakukan di di Kota Balikpapan khususnya di Kelurahan Gunung Bahagia dalam memilah sampah.

Konsep ini diambil pengelolaan sampah di Jepang yang disebut Gumi Station. nMasyarakat cukup menaruh sampahnya di halte sampah sebelum pukul 07.00 wita tiap harinya, kemudian mobil pengangkut sampah akan mengambilnya pukul 07.00 -09.00 wita.

“Karna kan Balikpapan ini dan Palembang ditunjuk sebagai Kota Percontohan Nasional untuk pemilahan sampah dari sumber oleh Pemerintah Pusat bekerjasama dengan JICA. Nah sekarang sudah tiga tahun, September 2017 Kemneterian PU akan mendeklarasikan dan menyatakan bahwa Balikpapan dan Palembang menjadi percontohan nasional,” kata Suryanto

Sewbelumnya Suryanto menambahkan, penerapan system pengelolaan sampah tersebut, terbukti mampu mengurangi volume sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA Manggar Karena saat ini bank sampah yang jumlahnya mencapai 105 mampu mengurangi volume sampah hingga 22 persen.

Bahkan Pemerintah kota Balikpapan bertekad terus menambah bank sampah, sehingga pada 2019 volume sampah yang dibuang ke TPA berkurang hingga 70 persen.

About glen

Check Also

Air Sungai Ampal Berubah Warna, Banyak Ikan Mabuk diduga Akibat Limbah 

BALIKPAPAN, nibalikpapan.com – Masyarakat Balikpapan yang melintas di jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel zurich dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *